nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dall'Igna: Ducati Tak Langgar Aturan Apa pun di MotoGP

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 13:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 14 38 2029859 dall-igna-ducati-tak-langgar-aturan-apa-pun-di-motogp-jkCQRvqU1S.jpg Andrea Dovizioso. (Foto: Laman resmi MotoGP)

BOLOGNA – Ducati tengah mendapat sorotan lebih dari publik lantaran dituding menggunakan perangkat ilegal di motor dua pembalapnya, yakni Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci, saat mentas di seri perdana MotoGP 2019. Tetapi, Manajer Umum Ducati, Gigi Dall’Igna, secara tegas mengatakan timnya tak melanggar peraturan apa pun terkait kendaraan di MotoGP.

Pernyataan ini diutarakan Dall’Igna lantaran empat tim di MotoGP, yakni Honda, KTM, Aprilia, dan Suzuki, secara kompak melayangkan protes yang meminta pihak penyelenggara MotoGP meninjau lebih jauh kondisi motor Ducati. Bahkan, CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, menganggap Ducati terlalu gegabah dalam menggunakan perangkat aerodinamika tersebut. Ducati dinilai seharusnya lebih sabar dan menunggu persetujuan terlebih dahulu dari pihak penyelenggara MotoGP.

Andrea Dovizioso

Menurut Dall’Igna, pernyataan itu tak seharusnya diutarakan oleh Rivola. Sebab, Ducati merasa tak melanggar peraturan apa pun terkait penggunaan winglet yang terpasang di bagian depan ban belakang motor. Sebab, Dall’Igna memastikan alat itu hanya berfungsi untuk membantu mendinginkan ban belakang.

BACA JUGA: Dall'Igna Meradang Winglet Ducati Diprotes Empat Tim MotoGP

“Kenapa kami harus menunggu? Saya benar-benar yakin kami sudah mengikuti aturan yang ada terhadap motor. Mengapa lawan saya mengatakan kepada saya untuk tidak menggunakannya? Itu tidak berguna!” ujar Dall’Igna, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Kamis (14/3/2019).

Andrea Dovizioso

“Saya yakin hal yang kami lakukan legal karena tidak melanggar aturan. Kami juga mendapat penegasan dari Direktur Teknik FIM dan dia adalah satu-satunya yang berada di atas legalitas. Kebetulan, ini juga dalam aturan, yang tidak diperkenalkan atas permintaan saya,” tukasnya.

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini