nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pebulu Tangkis Terakhir Indonesia yang Keluar sebagai Juara All England

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 05 Maret 2019 12:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 05 40 2025990 5-pebulu-tangkis-terakhir-indonesia-yang-keluar-sebagai-juara-all-england-bEz0icerFF.jpg Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (Foto: INASGOC)

TURNAMEN All England menjadi salah satu kejuaraan yang bergengsi bagi para pebulu tangkis profesional. Terlebih sejak pertama kali pada 1899 hingga kini, sudah banyak pebulu tangkis bernama besar yang berhasil menjuarainya.

Para pebulu tangkis Indonesia sendiri memiliki rekor yang cukup positif kala tampil dalam ajang All England. Puncaknya pada edisi 1979, yang mana Indonesia berhasil menyabet tiga dari empat nomor yang dipertandingkan.

Berikut lima pebulu tangkis terakhir Indonesia yang berhasil menjuarai All England:

5. Candra Wijaya/Sigit Budianto

Candra Wijaya/Sigit Budianto

Candra/Sigit berhasil keluar sebagai juara All England dari nomor ganda putra, setelah di partai puncak mereka mengalahkan pasangan asal Korea Selatan (Korsel), Lee Dong-soo/Yoo Yong-sung. Candra/Sigit berhasil menang dua set langsung atas Lee/Yoo dengan skor akhir 15-5 dan 15-7.

4. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

Tontowi/Liliyana

Setelah hampir satu dekade tidak ada wakil Indonesia yang berhasil menjuarai All England, muncul pasangan Tontowi/Liliyana yang akhirnya pecah telur. Ya, Tontowi/Liliyana akhrinya berhasil menyudahi rentetan hasil minor setelah juara All England edisi 2012.

Pada pertandingan final, Tontowi/Liliyana berhasil mengandaskan perlawanan dari Denmark, yakni Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl, dengan skor akhir 21-17 dan 21-19.

3. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Ahsan-Hendra

All England 2014 mungkin menjadi edisi terbaik para pebulu tangkis dalam 20 tahun terakhir. Sebab pada All England 2014, Indonesia berhasil menjuarai dua dari empat nomor yang dipertandingkan. Selain Tontowi/Liliyana, ada juga Ahsan/Hendra yang berhasil menjuarai nomor ganda putra.

Ahsan/Hendra berhasil keluar sebagai kampiun setelah di pertandingan final berhasil melewati hadangan dari pasangan ganda putra asal Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa, dengan skor akhir 21-19 dan 21-19.

2. Praveen Jordan/Debby Susanto

Praveen/Debby

Setelah Tontowi/Liliyana, hadir satu lagi pasangan dari nomor ganda campuran yang berhasil menyabet gelar juara di All England. Adalah pasangan Praveen/Jordan yang secara mengejutkan mampu menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang keluar sebagai juara All England edisi 2016.

Kenapa dibilang mengejutkan? Karena sebelum berhasil menjuarai All England 2016, Praveen/Jordan memang kurang dikenal sebagai atlet kaya prestasi. Banyak yang terkejut kala Praveen/Jordan mengandaskan perlawanan dari Denmark, Joachim Fiescher Nielsen/Christinna Pedersen, dengan skor 21-17 dan 21-17.

1. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

Kevin/Marcus

Pasangan ganda putra, Kevin/Marcus mungkin menjadi salah satu pasangan terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Itu terbukti dengan keberhasilan Kevin/Marcus menjuarai All England dalam dua tahun terakhir.

Pada edisi 2018, pasangan berperingkat nomor satu dunia tersebut berhasil mengalahkan pasangan ganda putra asal Denmark, yakni Mathias Boe/Carsten Mogensen, dengan skor akhir 21-18 dan 21-17.

1 / 5
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini