Cedera Marquez dan Lorenzo Jadi Berkah untuk Ducati

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 20 Februari 2019 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 20 38 2020431 cedera-marquez-dan-lorenzo-jadi-berkah-untuk-ducati-a6maI60EqD.jpg Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. (Foto: Twitter Marc Marquez)

BOLOGNA – Cedera tengah menghantui dua pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Kondisi ini tentu saja sangat tak diharapkan oleh Honda karena dapat mengganggu performa mereka di MotoGP 2019. Tapi bagi tim lawan, hal ini memberi keberkahan tersendiri. Karena itu, Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, pun memastikan bakal memanfaatkan betul kondisi ini.

Marquez dan Lorenzo kini memang sama-sama tengah didera cedera. The Baby Alien –julukan Marquez– lebih dahulu berkutik dengan cedera yang mendera bahu kirinya. Operasi pun telah dijalani peraih gelar juara MotoGP 2018 itu pada Desember 2018. Kini, ia masih terus menjalani pemulihan agar kondisinya bisa kembali normal.

Marc Marquez

Selagi Marquez memulihkan cederanya, Honda pun mengandalkan Lorenzo untuk mengemban tugas-tugas penting sebelum mentas di MotoGP 2019. Sayang, pembalap anyar Honda itu tak dapat melakoni tugasnya dengan optimal lantaran didera cedera pada tulang skafoid setelah terjatuh saat menjalani latihan. Hal ini terjadi beberapa hari jelang peluncuran motor anyar Honda.

BACA JUGA: Ciabatti Yakin Pemulihan Cedera Marquez Bakal Berlangsung Lama

Lorenzo pun langsung naik meja operasi demi memulihkan segera cederanya. Tetapi, tetap saja, pembalap berjuluk X-Fuera itu tak bisa menjalani seluruh rencana yang disusun. Ia bahkan harus absen di tes pramusim MotoGP 2019 yang digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 6-8 Februari 2019.

Jorge Lorenzo

Ciabatti mengaku kondisi ini memberi keuntungan tersendiri bagi Ducati. Sebab, keduanya kemungkinan besar tidak akan berada dalam kondisi yang prima di awal musim. Hal inilah yang akan dimanfaatkan betul oleh Ducati untuk meraup hasil manis sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, peluang besar bakal dimiliki mereka untuk keluar sebagai kampiun pada musim ini.

"Tahun lalu kami menang di Qatar, meskipun Marquez benar-benar dalam performa terbaik. Kejuaraan dunia akan lebih sulit pada 2019 karena Yamaha berada di depan. Begitu juga Suzuki yang yakin bersama Alex Rins. Dia akan kuat di sebagian besar balapan. Saya cukup yakin ini akan sangat menyenangkan bagi para penggemar dan media,” ujar Ciabatti, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Rabu (20/2/2019).

“Bagi tim, ini lebih sulit dan rumit. Tapi mungkin, Marc dan Jorge (Lorenzo) tidak akan tampil prima 100 persen di awal musim. Cedera skafoid bukanlah hal yang mengerikan, tetapi ia melewatkan tes. Kami akan melihat apakah kami dapat memanfaatkannya, bahkan jika itu tidak terdengar bagus. Kami akan mencoba menggunakan situasi ini untuk keuntungan kami,” tukasnya.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini