nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vinales Sempat Kesulitan dengan Ban Depan Baru Keluaran Michelin

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 13 Januari 2019 21:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 13 38 2003898 vinales-sempat-kesulitan-dengan-ban-depan-baru-keluaran-michelin-9WkUqwwrst.JPG Pembalap Movistar Yamaha Maverick Vinales (Foto: Toru Hanai/Reuters)

LESMO – Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, menyesalkan keputusan Michelin mengganti kompon ban dari lunak menjadi sedikit lebih keras. Sebab, perubahan tersebut berpengaruh terhadap paceklik kemenangan yang dirasakannya selama hampir 28 balapan beruntun.

Perolehan Vinales sangat bagus di MotoGP 2017 dengan mengantongi tiga kemenangan. Akan tetapi, hasil jeblok lantas mengiri perjalanan pria asal Spanyol itu mulai dari kemenangan terakhir di MotoGP Prancis 2017 hingga podium teratas MotoGP Australia 2018.

(Baca juga: Vinales Kesulitan Jaga Fokus saat Balapan)

Ban Michelin

Selain anjloknya performa mesin Yamaha, ban produksi Michelin sebagai pemasok utama di MotoGP dituding Vinales menyebabkan hasil-hasil buruk tersebut. Pria berusia 24 tahun itu mengakui sangat kesulitan karena hanya punya waktu terbatas untuk mencari solusi atas problem ban tersebut.

“Pada balapan-balapan awal MotoGP 2017 saya bisa melibas tikungan dengan memakai ban depan lama tanpa harus membatasi kecepatan. Ketika Michelin memperkenalkan kompon baru yang lebih keras, gaya balap saya harus berubah,” tutur Maverick Vinales, dilansir dari Speedweek, Minggu (13/1/2019).

“Saya tidak menyukai kompon baru itu karena menyulitkan. Untung saja saya bisa mengatasinya di beberapa seri terakhir setelah mengubah banyak setelan,” imbuh pembalap bernomor motor 12 itu.

Maverick Vinales

Perubahan besar-besaran pada setelan motor memang membawa berkah bagi Maverick Vinales. Sebab, ia berhasil mengakhiri paceklik kemenangan di MotoGP Australia 2018 walau secara tradisi Yamaha memang kerap menuai hasil bagus di Sirkuit Phillip Island.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini