nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bos Suzuki: Konsesi Tak Jamin Kesuksesan Tim

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 13 Januari 2019 07:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 13 38 2003690 bos-suzuki-konsesi-tak-jamin-kesuksesan-tim-u6AFVOFR6p.jpg Alex Rins (Foto: Laman Resmi MotoGP)

HAMAMATSU – Bos Suzuki Ecstar, Davide Brivio, amat senang dengan hilangnya konsesi mereka pada MotoGP 2019. Menurut Brivio, konsesi tidaklah menjamin keberhasilan suatu tim sepanjang musim.

Ketika mendapatkan konsesi dari Dorna Sport (penyelenggara MotoGP) sebuah tim bisa melakukan pengembangan motor lebih banyak dibandingkan pesaing lainnya. Hal itu merupakan suatu keuntungan karena bisa mencoba sembilan mesin sepanjang musim.

Alex Rins (Foto: Laman Resmi MotoGP)

Kendati demikian, hal itu juga menunjukkan bahwa sebuah tim tidaklah kompetitif di MotoGP. Pasalnya, tim-tim pabrikan besar seperti Repsol Honda, Movistar Yamaha dan Ducati Corse tidaklah mendapatkan konsesi karena mereka dianggap sudah mapan di MotoGP.

BACA JUGA: Sang Manajer Ungkap Hubungan Baik Marquez dengan Honda

Suzuki yang kehilangan konsesi di MotoGP 2019 bisa dianggap telah sekompetitif Honda, Yamaha dan Ducati. Tim pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu itu sekarang hanya perlu mengembangkan mesin dengan tepat dan menemukan pengaturan yang sesuai agar bisa bersaing di MotoGP 2019.

Alex Rins (Foto: Laman Resmi MotoGP)

“Keuntungan terbesar adalah pengembangan mesin sepanjang musim, Anda mendapatkan lebih banyak hari pengujian dan dapat menggunakan sembilan mesin, bukan tujuh. Hal-hal ini bermanfaat tetapi tidak terlalu penting untuk keberhasilan pada musim itu,” ujar Brivio, seperti yang diwartakan Crash, Minggu (13/1/2019).

“Saya suka berpikir bahwa kami telah dipromosikan ke 'peringkat senior'. Kami sekarang bahkan sama dengan Honda, Ducati dan Yamaha karena bertarung menggunakan persenjataan yang sama. Ini bagus untuk kami dan juga lebih adil. Selain itu, ketika kami mengambil hasil yang benar-benar top, akan lebih memuaskan mengetahui bahwa melakukannya tanpa bantuan,” tutup bos Suzuki itu.

(ADP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini