nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Klub dengan Pengeluaran Gaji Terbesar di Dunia

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 12:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 28 43 1983935 5-klub-dengan-pengeluaran-gaji-terbesar-di-dunia-6XvUjuHN7v.jpg Barcelona (Foto: Reuters)

POPULARITAS besar yang dimiliki dunia olahraga memang sudah tidak diragukan lagi. Bahkan tak hanya klub olahraga yang bernilai jutaan, atlet papan atas dari berbagai cabang olahraga juga bisa mendapatkan upah yang membuat banyak orang iri.

Banyaknya sponsor yang masuk ke berbagai ajang olahraga menjadi bukti bahwa dunia ini digandrungi banyak kalangan. Begitu juga dengan Olimpiade. Ajang multievent yang awalnya menjadi tempat persaingan para olahragawan amatir, kini secara eksklusif diikuti para profesional di bidang olahraga masing-masing.

Klub-klub terbaik di dunia dalam olahraga saat ini dimiliki orang-orang yang memiliki kantong tebal. Kali ini Okezone akan mencoba membahas mengenai klub di dunia olahraga yang memiliki pengeluaran gaji terbesar. Berikut kelima klub tersebut.

5. Washington Wizards

Klub basket asal Amerika Serikat ini merupakan klub yang mengeluarkan gaji per tahun dengan rata-rata USD9,72 juta atau sekira Rp141 miliar. Pemain mereka yang memiliki bayaran tertinggi pada musim ini adalah Otto Porter Jr yang memiliki upah senilai USD26 juta atau sekira Rp377 miliar per tahun.

Selain itu ada Bradley Beal dan John Wall yang bila digabungkan bisa menerima gaji USD270 juta atau sekira Rp3,9 triliun untuk 3-4 musim berikutnya. Padahal, kedua bintang tersebut tidak terlalu memiliki prestasi mencolok dalam tujuh musim terakhir bersama Washington Wizards.

Washington Wizards (Foto: Sportskeeda)

4. Golden State Warriors

Warriors merupakan tim basket paling sukses secara prestasi dalam beberapa tahun terakhir. Berkekuatan Stephen Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green, Warriors merupakan tim yang paling ditakuti dalam kompetisi NBA. Belum lagi dengan tambahan amunisi Kevin Durant yang membuat Warriors semakin berbahaya.

Secara keuangan, Warrior mengeluarkan gaji rata-rata per tahun yakni USD9,96 juta atau sekira Rp144 miliar. Stephen Curry menjadi pemain dengan bayaran tertinggi senilai USD37,5 juta atau setara Rp544 miliar per tahun.

Golden State Warriors (Foto: Sportskeeda)

3. Oklahoma City Thunder

Thunder secara luas dikritik karena performa buruk mereka musim lalu. Pasalnya, klub basket asal Amerika Serikat tersebut telah menghabiskan banyak uang untuk menggaji pemain-pemain seperti Carmelo Anthony, Paul George, dan Russel Westbrook.

Tercatat, mereka harus mengeluarkan gaji untuk para pemainnya dengan rata-rata per tahun senilai USD10 juta atau sekira Rp145 miliar. Bayaran tertinggi diberikan kepada bintang utama mereka yakni Russel Westbrook dengan nominal mencapai USD35,65 juta atau setara Rp517 miliar per tahun.

Oklahoma City Thunder (Foto: Sportskeeda)

2. Real Madrid

Keberuntungan Real Madrid pada musim ini bisa dikatakan mengalami penurunan. Hal itu bisa dimengerti karena mereka kehilangan dua sosok utama yakni sang pelatih Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo. Meski begitu, semua itu kembali lagi kepada para pemain dan pelatih baru mereka saat ini yakni Santiago Solari untuk menunjukkan kebangkitan.

Dari sisi gaji, Madrid telah mengeluarkan bayaran tinggi untuk skuadnya. Los Blancos –julukan Madrid– memiliki gaji tahunan dengan rata-rata USD10,3 juta atau sekira Rp149 miliar. Pemain dengan bayaran tertinggi dipegang Gareth Bale dengan nominal mencapai 20,5 juta euro atau setara Rp337 miliar per musim.

Real Madrid (Foto: Sportskeeda)

1. Barcelona

Barcelona adalah contoh kesuksesan yang berkelanjutan selama tiga dekade terakhir. Mereka secara teratur mampu menyediakan para pemain pendukung yang selalu tersedia dari akademinya. Selain itu, saat ini Barcelona selalu lekat dengan sosok Lionel Messi yang merupakan megabintang bagi klub berjuluk Blaugrana tersebut.

Klub sepakbola asal Spanyol itu mengeluarkan gaji per tahun dengan rata-rata senilai USD13,31 juta atau sekira Rp193 miliar. Messi merupakan nama pemain dengan bayaran tertinggi di Barcelona dengan harga USD35 juta atau sekira Rp508 miliar per tahun.

Barcelona (Foto: Sportskeeda)

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini