nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arab Saudi Siap Gelar Balapan Pembuka Formula E

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 09:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 28 43 1983842 arab-saudi-siap-gelar-balapan-pembuka-formula-e-J14nC7tluj.jpg Poster promosi Formula E Arab Saudi (Foto: Formula E/Twitter)

RIYADH – Ajang balap mobil listrik, Formula E, siap digelar di Ibu Kota Riyadh, Arab Saudi. Selain menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya, balapan di Riyadh itu juga akan menjadi pembuka musim kelima Kejuaraan Formula E pada 15 Desember 2018.

Melansir dari situs resmi GP Arab Saudi, Rabu (28/11/2018), balapan akan dilangsungkan di jalanan Kota Ad Diriyah yang berada di pinggiran Riyadh. Trek tersebut akan mengelilingi kota tua bersejarah, termasuk melewati tembok-tembok kota yang sudah berusia ribuan tahun.

(Baca juga: Arab Saudi Siap Gelar Musik Sambut Ajang Formula E)

Denah Sirkuit Ad Diriyah

Panjang trek Ad Diriyah mencapai 2,495 kilometer (km) dan terdiri dari 21 tikungan. Sirkuit tersebut memiliki karakter anti-clockwise atau berlawanan dengan arah jarum jam. Seperti sebagian besar balapan Formula E, seri Arab Saudi ini juga akan dilakukan di jalan raya.

Formula E adalah ajang balap mobil listrik yang baru diperkenalkan pada 2014-2015. Sebelum singgah di Arab Saudi, sejumlah kota besar seperti New York (Amerika Serikat), Hong Kong, dan Paris (Prancis), turut menjadi tuan rumah ajang balap tersebut.

Mobil Formula E

Pada musim kelima, yakni 2018-2019, sebanyak 22 orang pembalap akan turun mengaspal di ajang Formula E. Sejumlah mantan pembalap Formula One (F1) seperti Stoffel Vandoorne dan Felipe Massa, akan meramaikan ajang balap yang dikelola Federasi Balap Mobil Internasional (FIA) tersebut.

Berbeda dengan F1, setiap balapan Formula E dibatasi hanya 50 menit. Hingga musim keempat, setiap pembalap diwajibkan untuk masuk pit guna mengganti mobil karena setiap mobil hanya dibatasi membawa tenaga sebesar 180 kilowatt (KW) sejak start.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini