Kondisi Jalur Lintasan Balap Sepeda Asian Games 2018 di Purwakarta Kurang Memadai

Mulyana, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 18:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 24 601 1926753 kondisi-jalur-lintasan-balap-sepeda-asian-games-2018-di-purwakarta-kurang-memadai-QgCBeQKx19.jpg Rute Balap Sepeda untuk Asian Games 2018 di Purwakarta (Foto: Mulyana/Okezone)

PURWAKARTA - Beberapa titik jalan utama di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, direncanakan bakal menjadi jalur lintasan balap sepeda Asian Games 2018. Jalur yang dilewati ini, yakni terbentang dari mulai Kecamatan Cibatu (perbatasan Subang) hingga Sadang.

Jajaran Satlantas Polres Purwakarta, kabarnya telah melalukan survei jalur yang akan menjadi lintasan balap sepeda Asian Games ini. Hal tersebut dilakukan, guna memastikan kondisi jalan yang akan dilalui para peserta lomba ini.

Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Rizky Adi Saputro mengatakan, hasil pengecekan jalur lintasan balap sepeda yang dilakukan jajarannya ini menyimpulkan, jika di rute tersebut terdapat beberapa titik jalan yang kondisinya masih belum memadai.

Baca juga 2 Negara yang Diwaspadai Timnas Sepak Takraw Putri Indonesia di Asian Games 2018

"Hasil pengecekan kami, ada beberapa titik jalan yang kondisinya kurang memungkinkan. Misalnya, bergelombang dan permukaannya tidak rata," ujar Rizky saat dihubungi Okezone melalui selulernya.

Adapun jalur yang masih belum memadai ini, salah satunya seperti yang terpantau di sekitar Pasar Minggu, Kecamatan Campaka. Sedangkan, untuk jalur Sadang-Bungursari kondisinya relatif bagus.

"Memang, ada beberapa hal yang perlu diantisipasi," jelas dia.

Menurut dia, memang perlu ada perhatian serius dari semua pihak untuk suksesi event tingkat Asean ini. Terkait kondisi jalur tersebut, pihaknya juga telah melayangkan surat ke dinas terkait supaya jalur yang akan dilalui para pembalap ini bisa segera dibenahi.

"Kita sudah koordinasi dengan dinas terkait. Pihak dinas, akan mengupayakan dua minggu sebelum pelaksanaan balap sepeda, jalur tersebut bisa diperbaiki," tambah dia.

Kondisi Rute Balap Sepeda di Purwakarta (Foto: Mulyana/Okezone)

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pengairan (PU-BMP) Kabupaten Purwakarta, Budi Supriyadi mengaku, pihaknya tak bisa berbuat banyak menyikapi kerusakan jalan yang terjadi di rute balap sepeda Asian Games 2018.

Pasalnya, jalan yang menjadi jalur lintasan pembalap sepeda ini berstatus milik provinsi. Sehingga, upaya untuk pemeliharaannya pun menjadi kewenangan pemerintah di tingkat provinsi.

"Jalur itu (Sadang-Cibatu) kan milik pemerintah provinsi. Jadi, kami tidak bisa berbuat banyak," ujar Budi.

Budi mengaku, pihaknya tak berani kalau harus menghandle pemeliharaan dan perbaikan di jalur ini. Kendati, selama ini jalur tersebut sangat berperan penting. Karena, secara kewenangan sepenuhnya ada di pihak Pemprov Jabar.

Namun demikian, Budi mengaku, menyikapi kondisi tersebut pihaknya hanya siap membantu dalam hal inventarisasi kerusakannya saja. Jadi, titik mana saja jalan yang dianggap mengalami keruskanan ini, nantinya akan langsung dilaporkan ke dinas di Pemprov Jabar.

"Pantauan terakhir kami saat mudik lebaran kemarin, jalur tengah ini relatif bagus ya. Tapi, untuk memastikan lagi, kami akan segera melakukan pengecekan ulang. Bagaimana hasilnya, nanti akan segera dilaporkan ke provinsi," jelas dia.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
PEROLEHAN MEDALI
NEGARA Total
1
China 132 92 65 289
2
Japan 75 56 74 205
3
Korea Selatan 49 58 70 177
4
Indonesia 31 24 43 98
5
Uzbekistan 21 24 25 70