nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wasit IBL 2017-2018 Jadi Perhatian Para Pelatih

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 18:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 26 36 1865027 wasit-ibl-2017-2018-jadi-perhatian-para-pelatih-bmgE9DvUZD.jpg Pacific Caesar saat menghadapi NSH di IBL 2017-2018. (Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

MALANG - Seri ke-8 Indonesia Basketball League (IBL) 2018 selesai digelar Kota Malang pada Minggu 25 Februari. Namun dari babak kualifikasi grup tersebut, banyak tim yang mengeluhkan mengenai kualitas wasit di liga basket tertinggi di Indonesia itu.

Pelatih NSH Jakarta Widayat Jati Wahyu misalnya, ia kecewa terhadap kepemimpinan wasit yang dinilai kerap merugikan timnya dan kurang tegas.

"Kualitas wasit cukup rendah, mau komplain takut didenda ya mau bagaimana lagi. Padahal pertandingan sudah berlangsung cukup bagus," ungkapnya usai pertandingan melawan melawan Bima Perkasa Yogyakarta.

Hal serupa diungkapkan Pelatih Satya Wacana Salatiga, Meldi Fehri, ia mengeluhkan penampilan wasit yang dinilai membuat pertandingan yang berkualitas sedikit terganggu.

"Saya bukan mencela wasit, tapi kalau mau mengkritik takutnya didenda. Kita lihat tadi bagaimana pertandingan yang bagus justru tidak diimbangi kualitas wasit," ujar Meldi Fehri usai melawan Pasific Caesar.

BACA JUGA: Pacific Caesar Kalahkan NSH Jakarta Secara Dramatis

Menanggapi keluhan sejumlah tim terkait wasit, Direktur Utama IBL Hasan Gozali mengakui kualitas yang digunakan di kompetisi IBL musim ini belum sepenuhnya bagus.

"Hal ini memang agak sensitif. Wasit - wasit kita memang masih harus banyak belajar dan memperbaiki diri meski sudah bermain di level seperti IBL. Kita jujur masih kesulitan, namun edukasi terus dilakukan guna meningkatkan kualitas wasit," tutur Hasan Gozali.

Pihaknya telah berusaha maksimal memberikan edukasi dengan mendatangkan wasit FIBA asal Filipina Ferdinand 'Bong' Pascual guna menambah pengetahuan para wasit terbaik di IBL 2018.

Terkait usulan memberikan rating wasit terbaik, Hasan mengaku sudah melakukan itu. Menurutnya, dari wasit - wasit yang memimpin pertandingan akan diranking.

"Wasit nanti akan dirangking siapa yang terbaik. Yang terbaik nanti kita bersama sponsor juga sepakat memberikan penghargaan guna memotivasi wasit lainnya," pungkasnya.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini