nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jepang Juara Kualifikasi Piala Uber 2018 Zona Asia Usai Tumbangkan China

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 11 Februari 2018 15:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 11 40 1857930 jepang-juara-kualifikasi-piala-uber-2018-zona-asia-usai-tumbangkan-china-bfdWhkJGjq.jpg Misaki Matsutomo dan Ayaka Takahashi (Foto: AFP)

ALOR SETAR – Jepang pada akhirnya keluar sebagai juara dalam kualifikasi Piala Uber 2018 zona Asia usai menundukkan China di partai puncak. Dalam laga pamungkas tersebut, Jepang benar-benar menunjukkan dominasinya hingga menang dengan skor telak 3-0.

Dalam laga tersebut memang patut dicatat bahwa China tidak mengerahkan seluruh pemain terbaiknya. Sebut saja ganda nomor satu dunia yang berasal dari China, Chen Qingchen/Jia Yifan, yang tidak mereka mainkan. Lalu Yu Xiaohan/Huang Yaqiong selaku ganda putri terbaik kedua China juga tidak turut serta.

(Baca juga: Susunan Pemain Tim Thomas Indonesia vs China di Partai Final)

Kendati demikian, bukan berarti China benar-benar menurunkan seluruh tim lapis duanya, karena Negeri Tirai Bambu tersebut memainkan tunggal putri terbaik yang mereka miliki, seperti Chen Yufei dan He Bingjiao. Jadi dapat dikatakan kemenangan Jepang atas China tersebut karena Tim Negeri Sakura memang bukan karena kebetulan belaka.

Angka pertama bagi Jepang disumbangkan oleh Akane Yamaguchi yang saat ini menduduki peringkat kedua dunia. Yamaguchi harus bermain tiga game untuk meladeni Chen Yufei sebagai perwakilan China, sebelum mengakhirinya dengan skor 21-16, 12-21, dan 21-14.

Pada laga tersebut, di game pertama Yamaguchi memang sudah mengambil keunggulan lebih dahulu, 2-0, 5-4, 9-5, 16-12, dan berakhir di angka 21-16. Sedangkan pada game kedua, justru Chen Yufei yang mengambil alih permainan sejak awal, sedangkan Yamaguchi seolah ingin melepas game tersebut sehingga kalah cukup jauh 12-21. Barulah pada game pamungkas, Yamaguchi kembali ke permainan agresifnya dan terus menekan Chen Yufei, hingga menang 21-14.

Sementara itu, angka kedua Jepang dicetak oleh Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dari sektor ganda. Pasangan berperingkat dua dunia itu mengandaskan Du Yue/Li Yunhui dua game langsung dan dengan skor yang meyakinkan, 21-13 dan 21-16. Wajar saja, pasalnya secara peringkat pun Matsutomo/Takahashi memang unggul jauh atas Du Yue/Li Yunhui yang menghuni posisi 75 dunia.

Sedangkan angka kemenangan Jepang dipersembahkan oleh Nozomi Okuhara dengan mengalahkan He Bingjiao melalui drama tiga game, 19-21, 21-16, dan 21-10. Apabila melihat perfoma Tim Uber Jepang tersebut, dapat dikatakan mereka akan menjadi lawan yang tangguh dalam Piala Uber 2018 yang bakal dihelat pada 20-27 Mei di Bangkok, Thailand.

Berikut hasil lengkap Jepang vs China di final kualifikasi Piala Uber 2018 zona Asia:

(Foto: Tournament Software)

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini