Susy Susanti Terkejut Tim Thomas Indonesia Menang 3-0 atas Jepang

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Sabtu 10 Februari 2018 15:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 10 40 1857534 susy-susanti-terkejut-tim-thomas-indonesia-menang-3-0-atas-jepang-eaQQDGC8aN.jpg Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Foto: PBSI)

ALOR SETAR – Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti mengaku terkejut Tim Thomas Indonesia meraih kemenangan telak 3-0 atas Jepang di perempatfinal babak Kualifikasi Zona Asia. Padahal sebelumnya, Susy memprediksi Tim Merah Putih bakal mengalahkan Tim Negeri Sakura itu dengan skor 3-1.

Namun, Susy menyampaikan Tim Thomas Indonesia tetap tidak mudah melawan Jepang. Pasalnya, ia menyebut pebulu tangkis putra Jepang memiliki tipe bermain yang ulet dan ngotot. Di sisi lain, Susy sudah bisa mengandalkan sektor tunggal putra Indonesia dalam memberikan poin penting dalam tim.

Baca juga: Indonesia Singkirkan Jepang 3-0 di Perempatfinal Kualifikasi Piala Thomas 2018 Zona Asia

“Kami tidak memprediksi menang langsung 3-0, kalau pun menang mungkin 3-1. Lawan Jepang itu tidak mudah, para pemainnya ulet, ngotot. Saya lihat sekarang tunggal putra kita mulai mantap dan bisa diandalkan. Sebelumnya ganda lebih diandalkan, tetapi sekarang imbang lah, tunggal putra juga mau menyumbangkan angka,” ungkap Susy, seperti dilansir laman resmi PBSI, Sabtu (10/2/2018).

Selain itu, Susy juga menyoroti kemenangan ganda putra dadakan Indonesia di Kualifikasi Piala Thomas 2018 Zona Asia yakni Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Ia pun mengapresiasi kemenangan Ahsan/Kevin atas ganda putra terbaik Jepang saat ini, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, dengan skor 21-17 dan 21-15.

“Inilah satu kelebihan ganda putra kita. Walaupun pasangan diacak, tapi tidak merasa asing karena sering latihan bersama. Di kejuaraan nasional juga berpasangan, jadi pada saat event-event penting seperti ini, menguntungkan buat kami. Sehingga kalau ada salah satu yang kurang fit, kami tidak terlalu khawatir,” ujarnya.

Baca juga: Indonesia Hadapi Tugas Berat Melawan Jepang dan Korea di Semifinal Kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2018

Kevin harus dipasangkan dengan Ahsan sejak Indonesia berjumpa India di laga terakhir penyisihan Grup D. Pasangan Kevin di ganda putra yakni Marcus Fernaldi Gideon tak bisa tampil lantaran mengalami cedera otot perut. Menanggapi hal itu, Susy menuturkan kondisi Marcus belum fit seutuhnya dan tak ingin mengambil risiko.

“Kondisi Marcus masih belum pulih, tapi dibilang cedera berat sekali juga tidak. Kami hanya tidak mau mengambil risiko,” jelasnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini