Indonesia Singkirkan Jepang 3-0 di Perempatfinal Kualifikasi Piala Thomas 2018 Zona Asia

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 19:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 09 40 1857308 tim-thomas-indonesia-singkirkan-jepang-3-0-di-perempatfinal-kualifikasi-piala-thomas-2018-zona-asia-1vOugYrYha.jpg Jonatan Christie (Foto: PBSI)

ALOR SETAR – Tim bulu tangkis putra (Thomas) Indonesia berhasil melangkahkan kaki ke semifinal Kualifikasi Piala Thomas 2018 Zona Asia yang berlangsung di Stadion Abdul Halim, Malaysia, Jumat (9/2/2018) malam WIB. Kemenangan itu dipastikan Indonesia setelah tanpa kesulitan menaklukkan Jepang dengan skor 3-0.

Kemenangan ini sekaligus memastikan Indonesia akan tampil di putaran final Piala Thomas 2018 sebagai wakil dari Zona Asia. Hasil ini juga menyimpan asa bagi Merah Putih untuk bisa mempertahankan gelar Kejuaraan Beregu Putra Asia pada dua tahun lalu itu.

Pada partai pertama, Indonesia menurunkan Jonatan Christie sebagai tunggal pertama untuk menghadapi Kenta Nishimoto. Jika dilihat dari pertemuan, keduanya selalu saling mengalahkan. Terakhir, Jonatan harus mengakui keunggulan Nishimoto saat bertemu di Jepang Open 2017.

Baca juga Jonatan Christie Bawa Indonesia Ungguli Jepang 1-0

Namun begitu, hal tersebut tak ingin terulang bagi Jonatan. Bermain selama hampir satu jam, pemain berusia 20 tahun itu mampu melakukan tugasnya secara baik dan mengakhiri laga dengan skor 21-11, 20-22, dan 21-13. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Pada partai kedua, kali ini Indonesia harus menurunkan pasangan dadakan, Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Ahsan turun menggantikan Marcus Fernaldi Gideon yang merupakan pasangan asli Kevin karena tengah mengalami masalah dengan cedera otot perut.

Meski pernah berpasangan di ajang Superliga 2017, kali ini Ahsan/Kevin berhasil membalaskan kekalahannya saat melawan India di babak penyisihan grup lalu. Ahsan/Kevin sukses mengandaskan ganda andalan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dengan skor 21-17 dan 21-15. Indonesia unggul 2-0.

Baca juga Tim Uber Indonesia Kalahkan India untuk Melaju ke Semifinal

Pada partai berikutnya, Anthony Sinisuka Ginting menjadi harapan Indonesia untuk bisa menyelesaikan laga dengan cepat. Menghadapi tunggal Jepang, Kazumasa Sakai, ini seperti menjadi partai ulangan di final Indonesia Masters 2018 pada bulan lalu.

Anthony yang kala itu tanpa kesulitan menundukkan Sakai, pada kesempatan ini pemain berperingkat sembilan dunia itu harus bekerja keras bermain selama 63 menit. Namun begitu, kemenangan akhirnya berhasil diamankan Anthony dengan mengakhiri laga dengan skor 21-23, 21-14, dan 21-17.

Tunggal kelahiran Cimahi itu memastikan Indonesia menang telak dengan skor 3-0. Pada babak semifinal, masih menunggu pemenang antara Thailand dan Korea Selatan. Sebab hingga berita ini dibuat, kedua tim masih bertanding dengan skor 2-1 untuk keunggulan Korea.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini