Image

Lorenzo: Marquez Punya Cara Hindari Risiko Cedera di Lintasan

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018, 16:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 13 38 1844525 lorenzo-marquez-punya-cara-hindari-risiko-cedera-di-lintasan-fh8WudQPAM.jpg Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez (Foto: Crash.net)

MADRID – Pembalap Tim Ducati Corse, Jorge Lorenzo, mengatakan Marc Marquez (Repsol Honda) memiliki cara untuk menghindari risiko cedera di lintasan. Ia menganggap The Baby Alien -julukan Marquez- bisa melihat situasi di arena dengan baik.

Tak hanya itu, Lorenzo menyebut Marquez mampu mengindentifikasi bagian-bagian mana yang perlu diperhatikan saat melintas di suatu sirkuit. Alhasil, ia pun tak heran jika pembalap berusia 24 tahun itu jarang mengalami kecelakaan dan cedera serius selama satu musim.

Baca juga: Lorenzo Lebih Pilih Bermain Aman di MotoGP

Lorenzo menyampaikan Marquez lebih tampil aman saat memasuki tikungan yang tidak terlalu membahayakan. Dengan begitu, pembalap berpaspor Spanyol itu mengatur strategi sepanjang balapan berlangsung.

“Sebelum setiap sesi latihan, Marc (Marquez) mempelajari area mana yang dia bisa lebih tingkatkan, sekaligus mengurangi risiko cedera. Dia mengidentifikasi kira-kira di sektor mana dia bisa lebih ngotot, tanpa risiko kecelakaan hebat dan cedera serius. Jadi dia selalu lebih ngotot di tikungan yang lebih aman, ketimbang di tikungan berisiko,” ujar Lorenzo, mengutip dari Crash, Sabtu (13/1/2018).

Meski tak mengalami kecelakaan hebat dan cedera serius, Marquez menjadi salah satu pembalap yang paling sering mengalami kecelakaan di ajang MotoGP. The Baby Alien mengalami kecelakaan sebanyak 27 kali di MotoGP 2017 atau terbanyak kedua setelah Sam Lowes.

Baca juga: Petrucci Prediksi Kandidat Juara MotoGP 2018

Marquez keluar sebagai juara dunia MotoGP 2017 dengan raihan 298 poin. Ia mencatatkan enam kemenangan dari total 18 seri balapan, yakni GP Amerika Serikat, Jerman, Republik Ceko, San Marino, Aragon, dan Australia. The Baby Alien juga menjadi runner-up di GP Spanyol, Catalunya, Austria, dan Jepang.

Marquez juga meraih podium di GP Belanda dan Valencia dengan finis ketiga. Sisanya, ia tak meraih hasil maksimal di GP Qatar (posisi 4), Italia (posisi 6), dan Malaysia (posisi 4). Bahkan, ia pernah terjatuh di GP Argentina, Prancis dan Inggris.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini