nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Valentino Rossi Gagal Juara Kelas 500cc Musim 2000

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 12:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 13 38 1844464 penyebab-valentino-rossi-gagal-juara-kelas-500cc-musim-2000-djOcktiuv8.jpg Rossi saat menggeber motor Honda pada 2000. (Foto: Tortsen Blackwood)

SETELAH menjuarai masing-masing satu kali kelas 125cc dan 250cc, Valentino Rossi naik ke kelas 500cc/MotoGP pada 2000. Saat itu The Doctor –julukan Rossi– membela tim satelit Honda, Nastro Azzuro Honda. Rossi yang memiliki rekam jejak bagus di dua kelas sebelumnya, gagal mengemulasi performa di dua race awal kelas 500cc musim 2000.

Pada race pembuka yang berlangsung di Sirkuit Phakisa Freeway, Rossi start dari posisi lima. Untuk ukuran debutan dan hanya membela tim satelit, start kelima sudah cukup bagus. Namun, ketika balapan memasuki 12 dari 28 lap yang direncanakan, Rossi terlibat kecelakaan dan membuatnya gagal finis.

Hal yang sama juga terjadi di race selanjutnya yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia. Rossi yang start dari posisi tujuh terjatuh pada lap keempat. Hal itu membuat Rossi gagal meraih satu poin pun dari dua race awal. Meski begitu, petinggi Honda saat itu tak pesimis terhadap Rossi. Pembalap berpaspor Italia itu diyakini akan bersinar di race-race selanjutnya.

BACA JUGA: Petrucci: Rossi Selalu Tunjukkan Kemampuan Terbaik

Pada seri ketiga yang berlangsung di Sirkuit Suzuka Jepang, Rossi memang hanya finis ke-11. Namun, dalam 13 race selanjutnya, Rossi sanggup 10 kali naik podium! Bahkan di Sirkuit Donington Park (Inggris) dan Autodromo Internacional Nelson Piquet, Rossi keluar sebagai pemenang.

Namun, catatan di atas belum cukup untuk mengeluarkan Rossi keluar sebagai juara dunia. Sebab setelah melewati 16 race, Rossi hanya mengoleksi 209 angka, terpaut 49 poin dari Kenny Roberts Jr (Suzuki) yang menduduki posisi teratas.

Ditengarai, kegagalan menjadi juara karena di musim tersebut Rossi tiga kali gagal finis. Selain di Afrika Selatan dan Malaysia, Rossi juga tak mampu menyelesaikan balapan di Valencia. Sementara itu di saat yang bersamaan, Kenny Roberts hanya gagal finis di Sirkuit Assen, Belanda.

BACA JUGA: Zarco Sebut Valentino Rossi Buat Rider Lain Terkenal

Meski begitu, kegagalan di musim 2000 dibayar tuntas setahun berselang. Pada gelaran kelas 500cc musim 2001, Rossi keluar sebagai kampiun. Tak sekadar juara, Rossi begitu dominan di musim tersebut. Dari 16 race yang dijalani, Rossi memenangi 11 seri di antaranya. Alhasil di akhir kompetisi, Rossi finis teratas dengan perolehan 325 poin, unggul 106 angka dari Max Biaggi di posisi dua.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini