Image

Isola Sebut Persaingan Ban di F1 Dapat Menghancurkan Kompetisi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018, 09:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 13 37 1844398 isola-sebut-persaingan-ban-di-f1-dapat-menghancurkan-kompetisi-TA3HAUMOFb.jpg Pirelli (Foto:AFP)

MILAN – Direktur Balap Pirelli, Mario Isola, percaya bahwa kompetisi ban di Formula One (F1) akan meningkatkan biaya perlombaan dan membuat peperangan yang kurang sehat di dalam lintasan. Setiap tim balap akan bersaing untuk mendapatkan ban yang tepat untuk memulai perlombaan.

Produsen ban asal Italia tersebut menjadi satu-satunya pemasok ban untuk F1 sejak kembali menuju kejuaraan pada 2011. Mereka terikat kontrak untuk terus menyediakan ban balap untuk kompetisi F! hingga musim 2019.

Terakhir kali F1 memiliki lebih dari satu pemasok ban pada 2006 dan menjadi musim terakhir dalam persaingan Michelin dan Bridgestone untuk menyediakan ban untuk kompetisi balap roda empat paling prestisius di dunia tersebut.

Dalam sebuah survey yang dilakukan kepada para penggemar F1 secara global. 69,4% penggemar menyerukan supaya olahraga kembali menuju persaingan antara produsen ban. Meski demikian, Isola tidak berpikir ia akan kembali terlibat dalam peperangan ban.

“Ini adalah situasi yang berbeda. Saat ini, kami memasok produk yang sama ke semua tim. Jadi kami akan menempatkan semua tim pada level yang sama dalam hal ban. Jika Anda membuka persaingan, tentunya hal tersebut akan meningkatkan biaya karena Anda perlu melakukan tes,” ucap Isola, sebagaimana diberitakan Autosport, Sabtu (13/1/2018).

Baca Juga:

(Van Dijk Beberkan Alasan Lebih Pilih Liverpool ketimbang Chelsea dan Man City)

“Anda akan memiliki tim papan atas dengan produk yang lebih baik dibandingkan dengan lini tengah atau tim yang jauh lebih rendah. Pasalnya, Anda tidak memiliki kewajiban untuk memasok ban yang sama kepada semua orang. Anda menciptakan perbedaan antara tim papan atas dan yang lainnya,” lanjutnya.

“Mungkin dengan dua atau tiga produsen ban. Anda bisa memiliki beberapa tim yang bertarung di puncak klasemen, namun sisanya akan berjuang untuk mengatasi performa. Dengan ban, Anda dapat dengan mudah menemukan setengah detik atau lebih. Anda tentunya bisa menghasilkan delta yang lebih besar antara tim dibandingkan dengan saat ini,” tuntasnya.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini