nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SPORT TIME: 5 Rivalitas di Sejarah Tinju Profesional, Nomor 1 Paling Seru

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Kamis 05 Oktober 2017 19:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 05 43 1789594 sport-time-5-rivalitas-di-sejarah-tinju-profesional-nomor-1-paling-seru-haGF07HR4L.jpg Pertarungan tinju antara Muhammad Ali vs Joe Frazier (Foto: BBC)

RIVALITAS dalam sebuah cabang olahraga menjadi suatu kewajaran bagi seorang atlet untuk bersaing menjadi yang terbaik. Termasuk dalam dunia tinju profesional yang melibatkan pertarungan sengit di beberapa kesempatan.

Sejumlah petinju papan atas dunia, seperti Muhammad Ali pun pernah merasakan persaingan tingkat tinggi di dunia tinju. Lantas, bagaimana lima rivalitas di sejarah tinju profesional? Berikut ini ulasannya berdasarkan laporan Bleacherreport, Kamis (5/10/2017).

5. Erik Morales vs Marco Antonio Barrera

Rivalitas antara Erik Morales dan Marco Antonio Barrera menyuguhkan pertarungan hebat bagi kedua petinju. Pasalnya, mereka saling mengalahkan dalam perebutan gelar tinju bergengsi dunia.

Pada Februari 2000, Morales mengalahkan Barrera usai menjalani pertandingan penuh gengsi. Morales pun berhak menyandang gelar WBC sekaligus menyandingkan dengan gelar WBO.

Namun pada Juni 2002, giliran Barrera meraih kemenangan atas Morales dalam perebutan gelar kelas bulu WBC. Dua tahun berselang tepatnya pada November 2004, Barrera berhak meraih gelar juara kelas bulu super WBC setelah menaklukkan Morales.

4. Manny Pacquiao vs Juan Manuel Marquez

Manny Pacquiao telah menjadi salah satu dari dua bintang tinju besar generasi abad ke-21. Pacquiao menjalani pertarungan sengit melawan Juan Manuel Marquez pada 2004. Dalam pertemuan pertama mereka, keduanya tampil berimbang. Namun, Pacquiao mampu menjatuhkan Marquez sebanyak tiga kali.

Selanjutnya, Pacquiao mengalahkan Manuel Marquez pada 15 Maret 2008. Ia pun berhak atas gelar WBC kelas bulu super. Marquez sejauh ini sudah empat kali bertarung melawan Pacquiao. Ia sudah menderita dua kekalahan angka dan satu hasil imbang, sebelum akhirnya menumbangkan Pac Man –julukan Pacquiao- pada 9 Desember 2012.

3. Willie Pep vs Sandy Saddler

Sandy Saddler merupakan salah satu petinju yang tampil kuat sepanjang kariernya. Ia pernah memenangkan pertandingan atas Willie Pep pada 1949. Setahun sebelumnya, Pep mengalahkan Saddler.

2. Sugar Ray Robinson vs Jake LaMotta


Salah satu pertarungan tinju yang memiliki rivalitas tinggi adalah pertemuan antara Sugar Ray Robinson melawan Jake LaMotta. Dari enam pertandingan mereka, lima di antaranya dimenangkan Robinson.

Pertemuan terakhir mereka terjadi pada 1951. Saat itu, LaMotta merupakan juara kelas menengah dan Robinson sebagai juara kelas welter. Dalam duel itu, Robinson mengalahkan LaMotta di ronde 13.

1. Muhammad Ali vs Joe Frazier

Persaingan antara Muhammad Ali dan Joe Frazier menjadi pertandingan terbesar dalam sejarah olahraga tinju.

Frazier memulai karier tinju sejak kelas amatir dan saat berusia 20 tahun, ia sudah meraih prestasi mengesankan dengan meraih medali emas Olimpiade 1964 di Tokyo.

Sejak itu, Frazier mampu mengimbangi kekuatan Ali dan mereka pun menjadi rival yang kuat di masa itu. Pertemuan pertama mereka bertajuk The Fight of the Century terjadi pada 3 Agustus 1971 di New York. Ali justru takluk dari Frazier di laga tersebut.

Pertandingan ulangan mereka terjadi pada 28 Januari 1974 juga digelar di New York. Saat itu, Ali mengalahkan Frazier melalui kemenangan angka. Akhirnya, mereka kembali menggelar duel ketiga pada 1 Oktober 1975 di Manila, Filipina. Ali pun keluar sebagai pemenang usai menumbangkan Frazier lewat TKO jelang ronde ke-15.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini