SPORTPEDIA: Absen 2 Seri Belum Seberapa, Valentino Rossi Pernah 4 Kali Gagal Start di MotoGP 2010

Valentino Rossi. (Foto: Scott Jones)

Valentino Rossi. (Foto: Scott Jones)

HANYA cedera parah yang mampu menghentikan dominasi Valentino Rossi di ajang MotoGP. Sang maestro balap tercatat mendominasi MotoGP 2008 dan 2009 yang secara total membuatnya meraih tujuh gelar juara dunia.

Musim 2009 menjadi tahun terakhir The Doctor –julukan Rossi– omeraih gelar juara. Terindikasi, tersendatnya perolehan gelar Rossi karena dirinya mengalami kecelakaan hebat di musim 2010, tepatnya di Sirkuit Mugello.

Pembalap yang kini berusia 38 tahun tersebut terjatuh dari sang kuda besi pada sesi latihan bebas kedua. Dengan kecepatan sekira 190 km/jam, Rossi terlempar hingga mengalami patah tulang sendi di tibia kanannya.

Insiden tersebut membuat rider asal Italia mendapatkan perawatan di rumah sakit Cattolica dekat rumahnya. Rossi didiagnosis akan absen hingga akhir MotoGP 2010. Ini menjadi catatan absen pertamanya selama  berkarier di dunia balap.

Kendati demikian, Rossi sembuh di luar perkiraan. Ia hanya absen di empat seri yaitu GP Italia, Inggris, Belanda dan Catalunya. Pemilik nomor 46 itu melakukan comeback di GP Jerman pada 18 Juli 2010, hasilnya ia finis di urutan keempat dengan berada di belakang Stoner.

1 / 2