Share

Super Dan Berharap Bersihkan Nama Baik China

Randy Wirayudha, Jurnalis · Selasa 07 Agustus 2012 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 07 254 674312 sgplySL1nx.jpg Lin Dan (Foto: Getty Images)

LONDON – ‘Opera Sabun’ di cabang bulutangkis nomor ganda putri, dianggap mencoreng bulutangkis secara umum dan juga nama besar China secara khusus. Cela macam ini harus segera dikubur dan diperbarui oleh aksi-aksi baru nan menawan dari atlet Negeri Tirai Bambu lainnya.

Pebulutangkis tungga putra, Lin Dan, berharap aksi-aksi heroiknya kontra Lee Chong Wei di final lalu, bisa mengubah cara pandang panitia Olimpiade dan publik luas tentang bulutangkis. Olahraga adu olah raket dan shuttlecock ini sempat menjadi buah bibir saat terjadi kontroversi permainan yang ‘biang keroknya’ di awali kelakuan unggulan pertama, Yu Yang/Wang Xiaoli.

Yu/Wang sengaja mengalah dari pasangan Korea Selatan, Kyung Eun Jung/Kim Ha Na, dengan tujuan agar tak bersua kompatriot mereka, Zhao Yunlei/Qing Tian, di babak selanjutnya. Lantas, duet Indonesia, Greysia Polii/Meiliana Jauhari juga melakukan hal serupa dengan lawannya dari Korsel, Ha Jung Eun/Kim Min Jung.

Jelas kelakuan ini menuai kecaman penonton yang kemudian bersorak dengan nada negatif. Setelah wasit kehormatan turun tangan, giliran BWF yang ‘turun gunung’. BWF pun mengeluarkan vonis diskualifikasi kepada empat pasang ganda puteri demi menjunjung sportifitas.

Super Dan – julukan Lin Dan, tak ingin nama baik bulutangkis dan terutama China, rusak oleh skandal tersebut. Apalagi jika nantinya IOC (otoritas tertinggi Olimpiade) tak lagi mencantumkan cabang bulutangkis di Olimpiade-Olimpiade selanjutnya.

“Olahraga telah mengalami banyak hal negatif dan saya berharap bisa mengubah pandangan publik tentang negara kami, pebulutangkis China dan juga bulutangkis melalui permainan atraktif saya melawan Lee Chong Wei,” tutur Super Dan.

“Semoga olahraga ini bisa semakin dinikmati dengan lebih baik dan penting untuk terus berkembang,” lanjutnya, sebagaimana disitat ChinaDaily, Selasa (7/8/2012).

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini