Vettel Kecam Aksi "Bodoh" Hamilton

Achmad Firdaus, Jurnalis · Minggu 22 Juli 2012 23:21 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 22 37 666861 cZsgv4IFbH.jpg Sebastian Vettel di Podium GP Jerman (Foto: Getty Images)

HOCKENHEIM - Sebastian Vettel kesal dengan aksi Lewis Hamilton yang ‘mengganggu pertarungannya dengan Fernando Alonso. Juara bertahan dari tim Red Bull Racing ini pun menyebut aksi driver McLaren itu ‘bodoh’.

Hamilton yang melakoni balapan ke-100 di GP Jerman, Minggu malam tadi, mengalami nasib sial saat balapan memasuki lap ketiga. Ban mobilnya pecah, diduga karena terkena serpihan sayap mobil Felipe Massa.

Kondisi itu memaksa pembalap asal Inggris tersebut masuk lap lebih awal, sehingga terlempar dari urutan 20 besar. Mencoba kembali ke persaingan, Hamilton yang telah keluar dari pit, usai ganti ban, tampil ofensif.

Nah, di sinilah awal kekesalan Vettel kepada Hamilton. Memasuki pertengahan lap, saat tengah berduel dengan Alonso untuk memperebutkan posisi terdepan, Vettel dibuat geram oleh aksi Hamilton.

Pembalap Inggris yang terkenal dengan gaya balapnya yang agresif itu, tiba-tiba mengganggu duel Alonso-Vettel. Hamilton yang dalam posisi ketinggalan satu lap, tiba-tiba menyalip Vettel. Nah, pada saat bersamaan, rekan setim Hamilton, Jenson Button sukses mengikis gapnya dengan Vettel.

Aksi Hamilton ini sontak membuat Vettel kesal. Pasalnya, juara dunia 2010 dan 2011 ini aknhirnya harus kehilangan posisi keduanya, yang direbut rekan setim Hamilton, Jenson Button, kendati pada akhirnya Vettel berhasil kembali merebut posisinya dan mengakhiri balapan di podium dua.

“Itu bukan maneuver yang bagus dari Hamilton. Saya tidak mengerti mengapa ia tiba-tiba balapan dengan kami. Jika dia ingin tampil cepat, dia harus menjaga jarak dengan kami. Itu adalah aksi bodoh, karena saat itu dia dalam kondisi ketinggalan satu lap,” tutur Vettel geram dikutip Autosport.

“Jika anda ingin tampil cepat, tapi anda tidak punya kesempatan untuk menang, maka anda seharusnya memberikan rasa hormat dan menggunakan akal sehat. Saya tidak mengira, dia (Hamilton) akan menyerang kami, dan saya tidak melihat alasan apa yang membuatnya melakukan itu. Lalu, tiba-tiba saya terkejut saat dia sudah samping-sampingan dengan saya,” sambungnya.

“Saya pikir, (Aksi Hamilton) telah membuat posisi kami direbut Button,” pungkasnya.

Sebenarnya, Vettel bukan satu-satunya korban dari manuver Hamilton. Fernando Alonso, yang tengah memimpin lomba juga disalip Hamilton. Namun, Alonso menganggapi aksi tersebut dengan santai.

“Saya tahu, Lewis (Hamilton) terus mendekat dengan DRS dan mencoba untuk menyalip. Saya tak masalah untuk memberikannya ruang, karena saya tahu dia tidak dalam posisi bertarung untuk menang. Kami tidak ingin mengambil risiko,” imbuhnya.

Lebih jauh, Alonso justru sedikit berterima kasih kepada Hamilton yang diakuinya memberikan bantuan kepadanya untuk sedikit bernapas dari tekanan Vettel.

“Bagi saya, aksi Hamilton saat berada di antara saya dan Sebastian (Vettel), itu cukup bagus,” pungkasnya.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini