Rio Gagal Dulang Poin di Jerman

Achmad Firdaus, Jurnalis · Minggu 22 Juli 2012 21:58 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 22 37 666842 vRbqWCRDzI.jpg Aksi Rio Haryanto di GP2 Series (Foto: Dok.Rio)

HOCKHENHEIM - Pembalap muda Indonesia Rio Haryanto gagal menambah poinnya saat tampil di seri ke-8 GP2 di Jerman. Meski demikian, dalam dua kali balapan, pembalap Pertamina GP2 ini berhasil menunjukkan peningkatan.

Seperti diketahui, pada balapan pertama atau Feature race, kemarin, Rio hanya mampu mengakhiri balapan di posisi ke-17. Namun, pada balapan kedua (Sprint race), siang tadi waktu setempat, Rio tampil jauh lebih baik dengan finis di urutan 13.

Memulai start dari posisi 17, Rio pada lap pembukaan melakukan prosedur start dengan lancar, namun sempat nyaris terlibat dalam insiden, yang telah mengakibatkan rekan setimnya, Max Chilton keluar lomba seketika.

Upaya untuk memperbaiki posisinya langsung ia mulai setelah safety car keluar, dan pada lap ke 4, Rio mengambil alih posisi Canamasas untuk naik ke posisi 16.

Berikutnya, di lap ke-10, Rio kembali memanfaatkan kesempatan memperbaiki posisinya dan menyusul Gonzales dan naik ke urutan 15. Catatan waktu Rio membaik di lap ke 15, sementara ia melakukan pengejaran ke pebalap di depannya, Julian Leal. Di lap ke-18, dalam upayanya mengejar Julian Leal, Rio berhasil memperbaiki lap time-nya, menjadi 1 menit 27,262 detik dan bertahan di posisi ke-13 selama 5 lap berikutnya.

Sampai pada lap ke-23, Rio mendapat celah sekaligus pertarungan wheel-to-wheel dari Julian Leal, yang membuat Rio naik ke posisi ke-12. Dan menjelang 2 lap terakhir, kembali Rio terlibat dalam pertarungan dengan beberapa pebalap termasuk Davide Valsecchi, yang membuat ia harus puas mengakhiri balapan di urutan 13. Hasil ini membuat Rio gagal mendulang poin di seri Jerman ini.

Lomba sendiri dimenangkan oleh James Calado (Tim Lotus) dengan catatan waktu 40 menit 18,134 detik. Juara kedua adalah Giedo Van Der Garde dan ketiga adalah Felipe Nasr (DAMS).

Akhir dari seri ke-8 di Hockenheim, posisi puncak klasemen masih dipegang oleh Luiz Razia  dengan jumlah 171 poin, diikuti oleh Davide Valsecchi  dengan total 159 poin. Rio sendiri tak beranjak dari urutan ke-15, dengan 27 poin.

Rio berpeluang membayar kegagalannya mendulang poin di Jerman, saat tampil di seri ke-9 di GP2 Hungaria, pekan depan. Wakil dari Pihak Pertamina, sponsor utama Rio, Agus Mashud S Asngari, berharap Rio mampu mencetak poin di Sirkuit Hungaroring.

“Saya sangat terkesan dengan race Rio tadi, kembali ia sangat konsisten di setiap tikungan dan setiap lap. Memang, seluruh pembalap di GP2 Series ini sangat kompetitif dan juga selalu konsisten. Semoga di race minggu depan di Hungaria, Rio, yang saya anggap adalah pembalap yang tangguh, bisa tampil baik dan mencetak poin,” ujar Agus dalam rilis yang diterima Okezone.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini