Alonso: Mobil Kalah Cepat, tapi Strategi Kami Jitu

Achmad Firdaus, Jurnalis · Minggu 22 Juli 2012 22:46 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 22 37 666847 FlJcYX1nnE.jpg Kru Ferrari merayakan kemenangan Alonso di GP Jerman (Foto: Getty)

HOCKENHEIM - Fernando Alonso berhasil meraih kemenangan ketiganya musim ini. Namun, pembalap Ferrari ini mengakui bila mobilnya tidak cukup cepat untuk bertarung dengan rival.

Alonso mengawali balapan dari posisi terdepan, menyusul kesuksesannya menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi di lintasan basah, Sabtu kemarin. Performa Alonso pada balapan di Sirkuit Hockhenheim, Jerman, Minggu tadi terbilang cukup mengesankan.

Sejak lampu start menyala, pembalap asal Spanyol ini terus memimpin jalannya lomba dalam kondisi lintasan kering. Meski begitu, kemenangan tidak diraih dua kali juara dunia ini dengan mudah.

Alonso mengatakan jika dirinya mendapat tekanan hebat dari Jenson Button (McLaren) dan sang juara dunia Sebastian Vettel (Red Bull Racing). Selain itu, kecepatan mobilnya pun diakuinya, masih kalah cepat dari dua rivalnya tersebut.

Namun, Alonso mengakui jika timnya telah melakukan pekerjaan dengan baik dalam menentukan strategi (pit) dan pemahaman tentang menjaga kondisi ban juga diakuinya menjadi kunci kesuksesannya meraih kemenangan ketiganya ini.

“Jelas, ini balapan sulit. Mungkin (mobil) kami bukan yang tercepat di lintasan kering. Tapi, kami cukup kompetitif, sehingga bisa mempertahankan keunggulan,” tutur Alonso usai balapan dikutip Autosport.

“Selain itu, tim juga melakukan pekerjaannya dengan baik dalam menentukan strategi. Saat Jenson (Button) masuk pit, kami harus bereaksi,” sambungnya.

“Setelah itu, saya tahu balapan masih panjang. Selama 27 lap terakhir, Jenson terus memberikan tekanan hebat. Mobil kami cukup baik dalam hal traksi dan top speed, jadi kami punya kekuatan untuk terus menjaga keunggulan di turn 6. Setelah itu, saat tahu (mobil) tak bisa melewati lawan, maka semuanya bergantung pada bagaimana mengontrol ban,” imbuhnya seraya bersyukur mampu menjaga kondisi bannya hingga akhir balapan.

Dengan kemenangan ini, Alonso menjadi pembalap pertama di musim ini yang mampu meraih tiga kemenangan. Hasil ini praktis membuat Juara dunia 2005 dan 2006 ini makin mantap di puncak klasemen sementara pembalap dengan keunggulan 34 poin dari peringkat kedua, Mark Webber yang pada balapan kali ini hanya finis di urutan delapan.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini