Alonso Yakin 2012 Lebih Kuat

Rejdo Prahananda, Jurnalis · Selasa 20 Desember 2011 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 20 37 544921 vwyOYyAmMo.jpg Foto: Fernando Alonso (Getty Images)

MARANELLO – Berbicara pengembangan mobil, Fernando Alonso tidak ingin meninjau lebih jauh, kekuatan Red Bull. Namun dia yakin timnya bisa berbicara lebih banyak pada musim depan nanti. Alonso pun merenda keyakinan, Ferrari memiliki kapasitas untuk tampil lebih kompetitif di banding musim lalu.

Bukan rahasia umum, bila RB7 menjadi primadona sepanjang musim kemarin. Mobil mahakarya Adrian Newey yang digeber  Sebastian Vettel itu memiliki kecepatan yang nyaris tanpa tandingan. RB7 sukses mengantarkan Vettel menjadi juara dunia setelah merebut 11 podium dan 15 pole-position.

“Saya pikir, kami juga semakin meningkat,” kata Alonso dikutip Autosport, Selasa (20/12/2011). Alonso pun tidak memungkiri, Red Bull mengembangkan mobil dengan baik agar tetap tampil kompetitif.

“Red Bull merupakan mobil yang dibangun dengan sangat baik. Mobil yang sangat bagus. Mengembangkanya sangat mungkin, dan mereka meningkatkannya, tetapi mereka tidak memiliki margin besar untuk kami meningkatkannya, tidak seperti kami,” bilang Alonso.

Di sela-sela kunjungannya ke markas tim ke Maranello, Alonso coba mengurai alasan mengapa timnya tampil jauh di bawah performa pada musim kemarin. “Kami memiliki masalah aerodinamika ketika terowongan angin tidak bekerja dengan baik. Kami memiliki filosofi berbeda untuk beradaptasi dengan Pirelli."

"Filosofi berbeda dengan suspensi dan banyak hal lainnya. Jadi, kami memiliki margin untuk mengembangkannya,” tutur juara dunia 2005 dan 2006 tersebut. “Jadi saya berpikir, mereka (Red Bull) akan mengembangkannya  X persen, kami akan mengembangkan dengan dua kali X persen, jadi semuanya akan semakin lebih dekat,” Alonso melanjutkan.

Terkait persaingan yang berlangsung musim depan, Alonso menambahkan. “Kami tahu rival kami sangat kuat dan siapapun pemenang kejuaraan tahun depan akan menang sepersepuluh detik atau dua mobil, tidak akan ada kesenjangan besar,” tukas Alonso.

“Untuk mobil sendiri, kami telah mengambil beberapa langkah ke depan dan menggunakan beberapa inovasi yang mungkin tidak digunakan tahun-tahun sebelumnya karena Ferrari melakukan pendekatan lebih konservatif. Jadi semua ini membuat kami optimistis,” tutur Alonso.

(edo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini