nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Massa: Ferrari Belum Punya Pola Strategi

Achmad Firdaus, Jurnalis · Sabtu 23 April 2011 14:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 04 23 37 449169 DgdQELQJFa.jpg Foto: Felipe Massa saat mengemudikan Ferrari/Getty Images

MARANELLO - Kompetisi Formula One musim ini telah menjalani tiga seri balapan. Namun, sejumlah tim menyatakan belum menemukan strategi yang ideal untuk bisa bertarung memperebutkan gelar juara.

Ferrari menjadi salah satu tim yang menyatakan belum menemukan pola strategi yang cocok untuk bisa menyaingi dua rival utamanya, Red Bull Racing dan McLaren. Adalah Felipe Massa yang mengamini bahwa timnya masih berupaya keras untuk mencari solusi soal strategi.

Ya, dari tiga seri yang telah dilakoni, Ferrari memang belum mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya. Terakhir pada GP China, Ferrari kembali gagal memberikan kemenangan kepada dua pembalapnya, Fernando Alonso dan Massa yang harus kembali gagal naik podium.

Padahal, pada balapan di Sirkuit International Shanghai, skuad Kuda Jingkrak sudah melakukan perubahan strategi, yakni dengan mengambil dua pitstop, lebih sedikit dari Lewis Hamilton (3 pit) yang keluar sebagai juara. Menurut Massa, strategi dua pitstop yang diterapkan timnya tidak berjalan lancar, karena timnya juga belum menemukan strategi yang tepat dalam pemililihan ban.

“Mudah mengatakan, kami seharusnya menerapkan tiga kali pitstop bukan dua kali. Tapi nyatanya, saya juga tidak yakin strategi tersebut tepat buat kami,” ujarnya sebagaimana dikutip situs resmi Ferrari, Sabtu (23/4/2011).

“Masalah utama saya adalah, performa mobil yang lebih buruk dari tim lain yang nampaknya sudah berpengalaman dengan ban keras Pirelli. Ini berarti, jika ban cocok, maka mobil bisa mendapatkan kecepatan yang lebih baik, seperti yang kita lihat di sesi kualifikasi. Saat ini, kami jelas punya masalah. Untuk masalah mobil, saya rasa kami cudah cukup kompetitif,” sambungnya.

“Sejauh ini, kami masih terus mempelajari berbagai kekurangan kami dan menganalisanya dengan cermat, agar kami bisa tahu apakah kami harus mengadopsi strategi berbeda. Mungkin, memodifikasi strategi kami di kualifikasi dan menggunakan ban yang lebih segar saat balapan,” tambahnya.

“Namun, rasanya terlalu cepat untuk menjustifikasi apa yang terbaik bagi kami dan cocok untuk beradaptasi dengan aturan baru, karena ini baru seri ketiga, tandasnya menyiratkan timnya masih butuh waktu untuk menganalisa berbagai aspek.

(acf)

Berita Terkait

Ferrari 2011

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini