Share

Deretan Gerakan-Gerakan Tinju yang Wajib Diketahui Pemula

Aryo Hadi Wibowo, Jurnalis · Senin 23 Januari 2023 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 43 2751342 deretan-gerakan-gerakan-tinju-yang-wajib-diketahui-pemula-Q2C3tYUcEz.jpg Berikut deretan gerakan tinju yang wajib diketahui pemula (Foto: Reuters)

DERETAN gerakan-gerakan tinju yang wajib diketahui pemula akan diulas Okezone. Tinju merupakan salah satu cabang olahraga yang paling digemari di dunia.

Olahraga yang berasal dari Ethiopia ini mempunyai gerakan-gerakan ciri khas yang membedakan dari jenis beladiri lainya. Gerakan-gerakan tersebut tentu memiliki tujuan untuk menjatuhkan sang lawan di atas ring.

Lantas, apa saja gerakan dalam tinju? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya!

Berikut Deretan Gerakan-Gerakan Tinju

Jenis-Jenis Gerakan Menyerang

Tinju

- Pukulan Jab

Pukulan jab sering digunakan oleh petinju ketika bertarung, biasanya dilakukan menggunakan tangan depan yang lebih lemah,

Pukulan ini berfungsi untuk menjauhkan lawan dari anda. Jab adalah pukulan pendek. Untuk memaksimalkan efektivitas pukulan jab.

- Pukulan Silang

Pukulan silang dilontarkan secara lurus di depan tubuh, teknik pukulan ini dilontarkan dengan tangan yang kuat dengan gerak sedikit ke atas melintas badan.

- Pukulan Hook

Pukulan hook dilontarkan ke kepala atau badan lawan mana saja yang tidak terlindungi. Pukulan ini sering digunakan atau dikombinasikan dengan pukulan-pukulan lain.

Lontaran yang bersifat menyapu merupakan kelemahan, sehingga anda rentan mendapat pukulan balasan ketika tinju. Pukulan ini harus dilatih agar maksimal dalam penerapanya.

- Pukulan Uppercut

Pukulan uppercut merupakan pukulan ke atas yang dilontarkan oleh tangan manapun yang efektif pada jarak dekat. Pukulan ini sangat membahayakan bila tepat sasaran.

Pukulan ini bertujuan untuk mengangkat tubuh lawan dan membuatnya menjadi tidak seimbang.

Follow Berita Okezone di Google News

Jenis-Jenis Gerakan Bertahan

Tinju

- Menangkis

Setelah mengangkat kedua sarung tangan anda ke atas dan dagu menurunkan dagu. Tangkisan ini merupakan teknik pertahanan paling dasar dalam bertinju.

Untuk menangkis, gunakan saja kedua tangan anda untuk menangkis pukulan lawan ketika pukulan datang.

- Menghindar

Cara untuk menghindari pukulan adalah menghindar, dengan cara memutar pinggang dan bahu dengan tajam ketika lawan melontarkan pukulan yang diarahkan ke kepala anda saat tinju.

- Memblokir

Ketika memblokir sebuah pukulan, kamu tidak perlu melakukan apa-apa untuk menghindari kontak. Kamu akan merasakan efek dengan kedua sarung tangan kamu dan bukan tubuh kamu.

- Naik turun dan Berkelit

Cara ini dilakukan dengan menekuk kaki untuk menghindari pukulan tinggi seperti pukulan hook ke arah kepala, seringkali dibarengi dengan berkelit. Sementara berkelit dilakukan dengan cara membungkukkan badan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini