Share

5 Petinju Indonesia yang Berhasil Jadi Juara Tinju Dunia, Nomor 1 Punya Julukan The Exocet

Aryo Hadi Wibowo, Jurnalis · Senin 23 Januari 2023 05:03 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 43 2751146 5-petinju-indonesia-yang-berhasil-jadi-juara-tinju-dunia-nomor-1-punya-julukan-the-exocet-qTo29RLBOx.jpg 5 Petinju Indonesia yang Berhasil Jadi Juara Tinju Dunia. (Foto: WBA)

5 petinju Indonesia yang berhasil jadi juara tinju dunia akan dibahas pada artikel kali ini. Indonesia mempunyai sederet petinju yang hebat.

Sepanjang sejarah tinju profesional, ada beberapa petinju asal Indonesia yang pernah menjadi juara dunia tinju di beberapa kelas. Penasaran siapa saja?

Berikut 5 petinju Indonesia yang berhasil jadi juara tinju dunia:

5. Chris John

Chris John

Chris John meraih gelar juara dunia kelas bulu WBA (Super) dan berhasil mempertahankan sabuknya dari tahun 2004 hingga 2013.

Pria kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah, 14 September 1979 ini melakukan debut pada 4 Juni 1998. Ia mencatatkan 48 menang, 22 diantaranya menang KO, sekali kalah, dan 3 kali seri dalam 52 pertarungan.

4. Suwito Lagola

Kariernya Suwito Lagola terbilang singkat. Ia tepatnya 2 tahun menjadi petinju profesional dari kurun waktu 1995 hingga 1997.

Tidak hanya itu, petinju kelahiran Medan, Sumatera Utara, ini tercatat juga hanya melakoni empat pertarungan; 3 kali menang dan 1 seri. Kendati demikian, suwito lagola pernah menjadi juara kelas welter versi WBF (World Boxing Federation).

Follow Berita Okezone di Google News

3. Muhammad Rachman

Muhammad Rachman berhasil menjadi juara dunia kelas terbang mini IBF setelah menang angka atas Daniel Reyes (Kolombia) pada 14 September 2004.

Setelah berhasil 3 kali mempertahankan gelar, Muhammad Rachman kehilangan juara dunia terbang mini IBF-nya usai kalah dari petinju Filipina yakni Florante Condes pada 7 Juli 2007.

2. Daud Yordan

Daud Yordan

Petinju berjuluk Cino, Daud Yordan pernah menjadi juara dunia di dua kelas berbeda versi badan tinju IBF: kelas bulu dan ringan.

Daud Yordan memiliki rekor tanding 39 menang, 27 diantaranya lewat KO, empat kali kalah, dan satu kali no contest.

1. Ellyas Pical

Ellyas Pical

Ellyas Pical pernah mengharumkan nama Indonesia di cabang olahraga tinju dunia. Pria kelahiran Ullath, Maluku Tengah itu menjadi petinju Indonesia pertama yang menjadi juara dunia tinju.

Elly meraih sabuk juara dunia tinju Kelas Bantam Junior setelah mengalakahkan Ju Do-chun pada 3 Mei 1985 di Jakarta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini