Share

Alasan Kenapa Tinggi Net Bola Voli Wanita dan Pria Berbeda

Salma Sita Rosulina, Jurnalis · Senin 23 Januari 2023 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 22 43 2751098 alasan-kenapa-tinggi-net-bola-voli-wanita-dan-pria-berbeda-xX7wtyWJd6.jpeg Tinggi net voli wanita berbeda dengan pria (Foto: Proliga 2023)

ALASAN kenapa tinggi net bola voli wanita dan pria berbeda akan dibahas di sini.Sebenarnya, tinggi net bola voli putri ialah 2,24 meter.

Hal tersebut berbeda dengan tinggi net voli putra yakni 2,43 meter. Seperti diketahui, permainan bola voli boleh dan bisa dilakukan oleh putri maupun putra baik secara tim sesuai gender ataupun campuran.

Proliga

Namun, dalam laga resmi putri dan putra berkompetisi secara terpisah alias tak boleh bercampur. Maka dari itu, tinggi net bola voli putri dengan putra berbeda.

Seperti yang diucapkan di atas, tinggi net bola voli untuk putri ialah 2,24 meter. Sementara untuk ukuran tinggi net/jaring bola voli putra ialah 2,43 meter atau 19 sentimeter lebih tinggi.

Berdasarkan penjelasan dari Volley Country, perbedaan ditentukan sebab perbedaan fisik dari putri dan putra. Dikatakan bahwa perempuan mempunyai hormon testosteron yang lebih sedikit, hal itu menjadikan kekuatannya tak maksimal, jadi loncatannya pun akan lebih rendah dari laki-laki.

Follow Berita Okezone di Google News

Dr. Emily Kraus, seorang dokter pemeliharaan olahraga di Stanford Health Care, California, berkata bahwa hampir 80% dari kaki pria dewasa terdiri atas otot, sementara untuk perempuan hanya memiliki 60%.

Voli

Perbandingan persentase otot tersebut yang menjadi dasar untuk konfederasi voli dunia menggunakan garis tinggi net yang berbeda. Walau dalam perantauannya, tinggi net bola voli putri maupun putra meningkat untuk memberikan daya kompetisi, jadi postur menjadi keuntungan lebih untuk para pemain.

Terbukti saat ajang Sea Games 2021, atlet voli baik putri maupun putra mempunyai tubuh yang tinggi. Maka minimal terlihat bahwa atlet putra bertinggi di atas 175 cm, sedangkan untuk putri sekitar 165 cm.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini