Share

Pembalap Fabio Quartararo Beri Pesan Menohok: Motor Yamaha Terasa Biasa-Biasa Saja

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 25 November 2022 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 38 2714376 pembalap-fabio-quartararo-beri-pesan-menohok-motor-yamaha-terasa-biasa-biasa-saja-QCCG0EgDIZ.jpg Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. (Foto: MotoGP)

PEMBALAP Fabio Quartararo beri pesan menohok, mengatakan motor Yamaha terasa biasa-biasa saja. Karena motor Yamaha yang tak terasa kuat, juara Dunia MotoGP 2021 ini pun pesimis mampu bersaing memperebutkan gelar juara di MotoGP 2023.

Quartararo bahkan memberi pesan menohok dengan mengatakan potensi YZR-M1 2023 biasa-biasa saja. Bagaimana tidak, keluhannya itu dirasakan saat sesi tes pasca musim yang digelar di Sirkuit Ricardo Tomo, Spanyol.

Diketahui, Quartararo tidak mampu tembus ke lima besar memakai YZR-M1 2023. Bahkan, pembalap berusia 23 tahun itu hanya berada di posisi delapan di antara 23 rider yang ikut tes.

Fabio Quartararo

"Kami tidak memiliki potensi untuk memperebutkan gelar," ujar Quartararo mengutip dari Motosan, Jumat (25/11/2022).

"Ada yang tidak beres, Kami merasa mesinnya lebih baik saat kami mengujinya di awal musim. Dan tidak mungkin kami tidak merasakan peningkatan apa pun di sini," tambah rider asal Prancis itu.

Saat sesi tes Misano September 2022 lalu, Quartararo sempat semringah ketika menjajal YZR-M1 2023. Ia pun sempat menyebut Yamaha mampu memenuhi janji dengannya supaya dapat meningkatkan tenaga dan top speed.

Kala sesi tes Misano, El Diablo mampu meraih top speed Yamaha tembus 298,3 km/jam. Sementara top speed tertinggi dipegang oleh Jorge Martin dari Pramac Ducati dengan menggeber hingga 300 km/jam.

Sedangkan Rider Borgo Panigale lainnya kalah top speed yang dari Quartararo, Francesco Bagnaia saja hanya mampu mencapai 297,5 km/jam, dan Enea Bastianini 297,5 km/jam.

Sayangnya dalam sesi tes Valencia kemarin, Quartararo justru dibuat resah dengan performa YZR-M1 2023.

"Mesin ini seharusnya memiliki tenaga yang lebih besar daripada yang kami uji di Barcelona dan Misano. Sekarang kami berada dalam situasi yang persis sama dengan musim ini," sambung Quartararo.

Fabio Quartararo

"Dengan mesin yang kami uji di Barcelona atau Misano, ya, kami bisa menahan Ducati di trek lurus. Tapi di sini, dengan apa yang telah terjadi, potensi kami sangat pas-pasan. Lagi pula, saya bukan seorang insinyur. Tugas saya adalah mengeluarkan yang terbaik dari tim saya, seperti yang telah saya lakukan tahun ini dan di sesi tes ini," imbuh Quartararo.

Menanggapi hal tersebut Direktur tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli mengatakan bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada prototipe M1 2023. Sebab saat tes tertutup yang dilakukan test rider Cal Crutchlow di Sirkuit Jerez Oktober lalu, mesin M1 2023 dirasa mengalami peningkatan meski hanya sedikit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini