Share

Ducati Raih Gelar Juara MotoGP 2022, Jorge Lorenzo Sebut Konsistensi Francesco Bagnaia Jadi Kunci Sukses

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Jum'at 18 November 2022 05:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 38 2709850 ducati-raih-gelar-juara-motogp-2022-jorge-lorenzo-sebut-konsistensi-francesco-bagnaia-jadi-kunci-sukses-picGdNPwgT.jpg Francesco Bagnaia bawa Ducati raih gelar juara dunia MotoGP 2022 (Foto: MotoGP)

LEGENDA pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo menyebut konsistensi Francesco Bagnaia di lintasan balap merupakan penyebab Ducati meraih gelar juara MotoGP 2022 lalu. Ia menganggap Pecco -sapaan akrab Bagnaia- telah mengisi kekurangan yang dimiliki tim pabrikan asal Italia itu.

Sebagaimana diketahui, Bagnaia berhasil membuka puasa gelar MotoGP yang sebelumnya diraih Ducati 15 tahun yang lalu. Ia sukses memastikan gelar juara dunia di seri terakhir di Valencia dengan unggul 17 poin dari pesaing terdekatnya, Fabio Quartararo.

Francesco Bagnaia

Kali terakhir tim pabrikan Borgo Panigale juara MotoGP adalah pada 2007 silam. Kala itu, Casey Stoner mempersembahkan gelar juara pertama bagi mereka.

Setelah bintang asal Australia itu hijrah ke Honda, praktis Ducati tak punya pembalap yang bisa bersaing di papan atas. Bisa dibilang hanya Andrea Dovizioso yang berada di jalur perebutan gelar saat menjadi runner up tiga musim berturut-turut pada edisi 2017-2019 di bawah Marc Marquez.

Lorenzo pun menilai gelar juara MotoGP 2022 yang disabet Ducati adalah berkat konsistensi yang ditunjukkan oleh Pecco. Menurutnya, itu merupakan satu hal yang tak dimiliki oleh para pembalap mereka sebelumnya, padahal konsistensi sangat penting untuk bisa menjadi yang terbaik.

Follow Berita Okezone di Google News

“Ducati akhirnya berhasil menjadi juara dunia lagi setelah 15 tahun. Selama ini, baik konsistensi atau hasilnya yang kurang, bahkan jika mereka memiliki paket yang mungkin paling lengkap dalam beberapa tahun. Tetapi Anda juga harus menghargai fakta bahwa mereka mungkin memiliki pembalap yang terlalu muda atau terlalu tidak konsisten,” kata Jorge Lorenzo dilansir dari Speedweek, Kamis (17/11/2022).

Francesco Bagnaia

“Pecco berhasil menemukan konsistensi itu tahun ini, yang krusial jika ingin menjadi juara dunia. Saya senang untuknya, Gigi Dall'Igna (Manajer Ducati Corse) dan Ducati yang telah membangun motor yang luar biasa," tambahnya.

Selain menjadi juara pertama MotoGP dari Ducati sejak 2007, Pecco juga merupakan pembalap Italia pertama yang berhasil merengkuh titel kelas utama sejak Valentino Rossi melakukannya pada 2009 silam. Lalu, dia juga rider Negeri Pizza pertama yang juara MotoGP dengan menunggangi motor pabrikan Italia sejak Giacomo Agostini mencatatkannya 50 tahun lalu bersama MV Agusta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini