Share

Lakukan TC di Jamaika, Lalu Muhammad Zohri Cs Dapat Pengalaman Berharga

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 10 Oktober 2022 21:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 10 43 2684467 lakukan-tc-di-jamaika-lalu-muhammad-zohri-cs-dapat-pengalaman-berharga-9gQ09psaTS.jpg Tim PB PASI lakukan TC di Jamaika. (Foto: Instagram/pbpasiofficial)

JAKARTA - Pasukan atletik Indonesia baru saja menjalani pemusatan latihan (TC) di Jamaika. Dari TC tersebut Wakil Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Rumini, mengatakan Lalu Muhammad Zohri dan kawan-kawan mendapatkan banyak pengalaman baru yang amat berharga.

Sejak awal September lalu, tim nasional atletik Indonesia memang menjalani TC di negara sprinter legendaris, Usain Bolt. Rencananya TC tersebut akan terus berlangsung hingga November mendatang.

"Pemberangkatan ke Jamaika merupakan program PPON (Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional) dan rencananya satu bulan. Namun Ketua Umum PB PASI (Luhut Binsar Pandjaitan) meminta agar diperpanjang menjadi dua bulan. Jadi memang ada kontribusi PPON dan PB PASI," kata Rumini kepada ANTARA via telepon, Senin (10/10/2022).

Lalu Muhammad Zohri

Selain Zohri, atlet yang berlatih di Jamaika adalah Bayu Kertanegara, Sudirman Hadi, Wahyu Setiawan, Eko Rimbawan, Adith Rico Pradana, Sapwaturrahman, Kris Dianto M, Vincencia Awutet, dan Lusinta P. Barumi.

Para atlet sprinter itu menjalani TC bersama tiga pelatih yakni Agus Ngamel, Erwin Maspaitella, dan M. Ariy, serta dua orang tim pendukung.

Berdasarkan laporan dari Agus Ngamel, Rumini mengungkapkan selama lebih dari tiga pekan timnas atletik mendapat banyak ilmu baru.

"Progres memang belum, karena belum ada kejuaraan. Namun ada bentuk-bentuk latihan yang baru mereka dapatkan. Semoga di sana bisa lebih banyak menimba ilmu," ujar Rumini.

Follow Berita Okezone di Google News

"Saya mendapat laporan dari Coach Agus Ngamel, di sana anak-anak lebih banyak latihan di rumput, meskipun sebenarnya ada lintasan. Tetapi latihan atlet Jamaika lebih condong latihan di rumput," kata Rumini menambahkan.

Rumini juga mengungkapkan latihan tersebut bisa saja untuk menghindari tekanan terus menerus pada kaki yang bisa mengakibatkan cedera. Selain itu, latihan di rumput juga akan ada penambahan beban.

"Artinya mereka lebih berat di rumput. Timnas Jamaika juga latihannya seperti itu. Selebihnya hampir sama. Mungkin ada juga pembetulan gerak dan teknik yang di sini mungkin salah pada teknik, di sana dibetulkan," ujarnya menambahkan.

Lalu Muhammad Zohri

Sekadar informasi, pada awal tahun ini, PB PASI bekerja sama dengan Asosiasi Atletik Jamaika (JATAFCA) yang memiliki banyak atlet kelas dunia. Kerja sama yang terjalin diharapkan dapat memotivasi atlet dan pelatih untuk terus berprestasi.

Selain itu juga menambah persiapan menuju SEA Games Kamboja 2023 dan Asian Games Hangzhou, China yang juga bergulir tahun depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini