Share

3 Atlet Indonesia yang Bangun Masjid, Nomor 1 Bomber Naturalisasi

Reinaldy Darius, Jurnalis · Senin 26 September 2022 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 43 2675250 3-atlet-indonesia-yang-bangun-masjid-nomor-1-bomber-naturalisasi-CPumNAetAz.jpg 3 atlet Indonesia yang bangun masjid (Foto: Kemenag)

SEBANYAK 3 atlet Indonesia yang bangun masjid akan dibahas. Salah satu di antaranya adalah seorang bomber naturalisasi untuk Timnas Indonesia.

Menjadi atlet yang berprestasi dan dilimpahi rezeki tak semerta-merta membuat para atlet Tanah Air ini menjadi tinggi hati. Mereka tetap mengingat jati diri utamanya sebagai manusia.

Jonatan Christie

Terutama sekali untuk berbakti kepada masyarakat Indonesia. Selain berprestasi di lapangan, sejumlah atlet yang akan dibahas berikut ini juga memberikan hadiah kepada masyarakat muslim Indonesia dalam bentuk bangunan ibadah masjid. Siapa saja mereka? Simak pembahasan kami beirkut ini.

Berikut 3 Atlet Indonesia yang Bangun Masjid

3. Jonatan Christie

Jonatan Christie

Meskipun meyakini agama yang berbeda, yaitu Katolik, Jonatan Christie tetap dengan senang hati membantu sesamanya. Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia ini diketahui rela menyisikan rezekinya untuk membangun sebuah masjid di Lombok.

Atlet yang kerap disapa Jojo tersebut menggunakan uang hadiah atas keberhasilannya meraih medali emas di Asian Games 2018 untuk membangun masjid ini. Diketahui, uang bonus yang diterimanya saat itu adalah senilai Rp1,5 miliar.

Jonatan Christie langsung menggunakan uang bonus tersebut sepulangnya dari ajang Korea Open 2018. Selain masjid, dia juga diketahui membangun sekolah untuk masyarakat Lombok.

2. Abdul Malik

Abdul Malik

Abdul Malik merupakan atlet Indonesia untuk cabor pencak silat. Sama halnya dengan Jonatan Christie, dia juga menyisihkan kelimpahan rezeki usai Asian Games 2018.

Abdul Malik meraih emas dan juga menerima bonus yang sama seperti Jonatan Christie, yaitu senilai Rp1,5 miliar. Namun, dia menyisihkan uang bonus tersebut untuk membangun tiga masjid di tempat kelahirannya, Sulawesi Utara.

Diketahui, Abdul Malik tidak hanya membangun sebuah masjid di sana, melainkan tiga. Ketiga masjid tersebut tersebar di Bitung, Mindanao, dan Manembo-nembo.

1. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales

Penikmat sepakbola Tanah Air tak mungkin tidak mengenal sosok ini. Cristian Gonzales merupakan mantan bomber Timnas Indonesia yang dinaturalisasi dari Uruguay.

Pria kelahiran Montevideo, Uruguay, 30 Agustus 1976 tersebut nyatanya juga memiliki kedermawanan dalam membangun masjid. Namun, tak perlu menunggu bonus atau apa pun, Cristian Gonzales diketahui membangun masjid di Gresik, Jawa Timur, pada tahun 2008 silam.

Cristian Gonzales sendiri pun diketahui menjadi mualaf di tengah perjalanan kariernya di Indonesia. Dia menikahi seorang wanita Indonesia, Eva Nurida Siregar, dengan dikaruniai empat anak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini