Share

Pengertian Diving, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya

Salma Sita Rosulina, Jurnalis · Sabtu 24 September 2022 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 43 2674146 pengertian-diving-jenis-jenis-dan-manfaatnya-0erQoPjdLp.jpg Pengertian diving, jenis-jenis, dan manfaatnya (Foto: Instagram/sandiuno)

PENGERTIAN diving, jenis-jenis, dan manfaatnya. Diving merupakan salah satu kegiatan olahraga menyelam ke bawah laut dengan tujuan untuk melihat keindahan yang ada di dalam laut. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan alat bantu agar para penyelam bebas bergerak dan dapat bernafas meskipun sedang berada di dalam air.

Keelokan panorama alam bawah laut Indonesia memang jangan diragukan lagi. Di dalamnya terdapat bermacam-macam biota laut, mulai dari tanaman laut, terumbu karang, ribuan jenis ikan yang berwarna-warni yang membuat sebagian orang penasaran untuk melihatnya.

Diving

Dalam sejarahnya, olahraga diving ini pertama kali masuk ke Indonesia di tahun 1960. Saat itu TNI mempunyai kompi Komando Pasukan Katak yang dimana menyelam merupakan salah satu unsur yang wajib dikuasai jika ingin menjadi TNI.

Jenis-jenis Diving

Sebelum kamu melakukan olahraga diving ini, sebaiknya kamu mengetahui tentang beberapa hal terkait dengan diving. Salah satunya yaitu dengan mengetahui jenis-jenis diving.

1. Scuba Diving

Scuba Diving

Scuba diving merupakan jenis olahraga diving yang menyelamnya memakai bantuan alat pernapasan, sehingga waktu penyelaman dapat berlangsung lama. Hal tersebut sesuai dengan singkatan Scuba yaitu Self Contained Underwater Breathing Apparatus yang jika diartikan menjadi alat pernapasan mandiri di bawah air.

Alatnya terdiri dari regulator tahap 1, regulator tahap 2, tabung udara, octopus, BCD, baju selam, pemberat badan dan sebagainya.

Jenis ini termasuk jenis olahraga diving yang ekstrem, karena membebaskan para penyelamnya untuk terjun ke dalam laut bahkan sampai ke dasar laut.

2. Free Diving

Diving

Free diving merupakan jenis olahraga diving yang dilakukan dengan cara menyelam ke dalam laut degan satu tarikan nafas dan tanpa alat bantu. Penyelam hanya mengandalkan kekuatan tubuhnya untuk menjelajahi laut dengan keadaan menahan nafas sampai mereka kembali ke permukaan untuk mengambil nafas.

Sekilas, freediving ini mirip dengan snorkeling. Akan tetapi, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Orang yang melakukan snorkeling akan dibantu alat nafas yang berupa snorkle dan mereka akan melihat keindahan karang lewat permukaan laut.

Sedangkan orang yang melakukan freediving, mereka akan menyelam jauh ke dasar laut sekitar 5-10 meter sembari menahan napas sampai mereka kembali ke permukaan. Para penyelam freediving hanya mengandalkan alat khusus yang berupa masker dan kaki katak saja.

Manfaat Diving

Diving

1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Ketika pertama kali menyelam, detak jantung para penyelam boleh jadi akan melonjak dan sedikit naik. Saat melakukan penyelaman, kebanyakan dari kita akan menemukan dimana suhu air lebih rendah dibanding suhu tubuh kita.

Saat tubuh kita direndam di air dingin, maka pembuluh darah dipermukaan tubuh cenderung menyempit untuk menghemat panas bagi organ dalam, yang bisa menyebabkan jantung kita berpacu.

2. Mendapat Kekuatan dan Fleksibilitas

Semakin banyak kamu melakukan kegiatan menyelam dan berenang, semakan banyak juga otot kamu memanjang, meningkatkan kekuatan dan menumbuhkan daya tahan serta fleksibilitas. Saat menyelam, otot akan bekerja lebih keras dibandingkan saat kamu berada di luar air.

3. Berinteraksi dengan Kehidupan di dalam Laut

Ketika kamu melakukan diving, badan akan dipenuhi dengan rasa takjub, ajaib, dan gembira. Karena, tentunya kamu akan melihat bermacam-macam ikan, karang, dan makhluk hidup lainnya yang berada di dalam laut yang pasti dapat membuat suasana hati menjadi membaik.

4. Bermanfaat untuk Pernafasan

Selama kamu menyelam, tentunya kamu akan menarik napas dan cenderung akan menghembuskan napas lebih lambat yang dapat mengurangi detak jantung dan meningkatkan ketenangan. Pernapasan yang stabil dapat mengurangi resiko cedera pada paru-paru dan mengurangi pembentukan lendir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini