Share

Bikin Rusuh di MotoGP Aragon 2022, Marc Marquez Dinasihati Casey Stoner

Maulana Yusuf, Jurnalis · Kamis 22 September 2022 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 38 2672536 bikin-rusuh-di-motogp-aragon-2022-marc-marquez-dinasehati-casey-stoner-PTUMe5ifZV.jpg Marc Marquez disarankan ubah gaya balapannya (Foto: Twitte/hrc_motogp)

BIKIN rusuh di MotoGP Aragon 2022, Marc Marquez dinasihati Casey Stoner. Menurut pembalap legendaris asal Australia tersebut, sang rider Repsol Honda itu perlu mengubah gaya balapannya.

The Baby Alien –julukan Marc Marquez– kembali ke lintasan balap pada Minggu 18 September 2022 setelah absen berbulan-bulan usai menjalani operasi lengan. Namun, comeback-nya memakan tumbal dengan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda) harus menyudahi balapannya secara prematur di lap pertama.

Takaaki Nakagami usai dijatuhkan Marc Marquez

Pertama, The Baby Alien pada tikungan ketiga bersenggolan dengan El Diablo -julukan Fabio Quartararo- sehingga motor rider asal Prancis itu terjatuh. Tak lama setelah itu, Marquez kembali bersentuhan dengan Nakagami di tikungan ketujuh. Namun, hanya Nakagami yang terjatuh dan gagal finis.

Sementara itu, Marquez mengalami kerusakan pada motornya dan tidak bisa melanjutkan balapan atau gagal finis. Terlebih, The Baby Alien disebut sebagai penyebab dari kekacauan balapan tersebut dan banyak disalahkan oleh beberapa pihak.

Insiden itu pun membuat Stoner turut berkomentar. Awalnya Stoner mengapresiasi kembalinya Marc Márquez ke lintasan. Namun, Stoner percaya bahwa kejadian itu lebih bersifat karena faktor mental daripada fisik. Oleh karena itu, Stoner memberikan wejangan kepada Marquez agar mengubah cara balapannya.

"Saya bahkan mengemudi dengan bahu dalam kondisi yang halus, tidak sehalus miliknya selama bertahun-tahun, dan saya akhirnya menemukan cara untuk kembali balapan. Tapi saya pikir lebih dari satu bentuk mental dan yang tidak diharapkan orang, dia (Marquez) harus menemukan kembali dirinya sendiri dan dia harus mengubah cara mengemudinya," ujar Stoner, dilansir dari Motosan, Kamis (22/9/2022).

“Dia (Marquez) harus berpikir secara berbeda, dan itu adalah hal pertama ketika saya kembali ke GP. Saya dapat mendorong dan menjadi cepat, tetapi selalu ada api di depan mata," sebut pembalap asal Australia itu.

Casey Stoner

"Sepanjang karier saya, saya belajar untuk menjadi cepat tetapi dengan risiko yang lebih sedikit dan itu biasanya membuat saya lebih cepat. Saya mencoba untuk menjadi secepat mungkin, tetapi bagi saya itu mencoba untuk menjadi cepat tanpa risiko dan tampaknya mudah, tetapi itu tidak mudah untuk dilakukan," tukas Stoner membandingkan dengan gayanya.

Meski begitu, Stoner yakin Márquez akan melakukan perubahan pada gaya mengemudinya. Terlebih, The Baby Alien harus memperhatikan bagaimana posisi tubuh saat menikung dan mengerem.

“Dia (Marquez) harus belajar mengemudi secara berbeda dan menempatkan tubuhnya di posisi berbeda saat menyerang tikungan, mungkin mengerem sedikit lebih awal, mengurangi tekanan saat mengerem saat mulai masuk, banyak hal. Itu harus beradaptasi dengan situasi saat ini," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini