Share

Ukuran Lapangan Basket yang Sesuai Standar FIBA

Aryo Hadi Wibowo, Jurnalis · Senin 19 September 2022 22:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 36 2670847 ukuran-lapangan-basket-yang-sesuai-standar-fiba-pXWyelymy7.jpg Berikut ukuran lapangan basket yang sesuai standar FIBA (Foto: FIBA Basketball)

UKURAN lapangan basket yang sesuai standar Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) akan diulas dalam artikel. Tak banyak yang tahu soal ukuran lapangan basket yang sesuai standar FIBA. Sebab demikian, Tim Okezone akan mengulas ukuran lapangan basket yang sesuai standar FIBA.

Ukuran lapangan basket yang sesuai standar FIBA, sebetulnya diatur dalam aturannya sendiri. Ukuran lapangan basket ini jadi acuan untuk setiap pihak yang ingin membangun lapangan yang bagus dan layak.

ukuran lapangan basket

(Ilustrasi ukuran lapangan basket (Foto: Kemendikbud)

Akan tetapi, meski FIBA sudah mengeluarkan standar lapangan internasional, Federasi Bola Basket Amerika (NBA), punya aturan sendiri. Hal itu sudah dianggap lumrah, lantaran NBA memang selalu punya aturan berbeda dari yang lain.

Namun, bukan hal itu yang akan dibahas. Melainkan ukuran lapangan basket yang sesuai standar FIBA. Lantas, berapa ukuran lapangan basket yang sesuai standar FIBA?

Untuk pertandingan level internasional, ukuran lapangan yang digunakan adalah sesuai standar FIBA. Ukuran lapangan basket yang sesuai standar FIBA memiliki panjang 28 meter. Kemudian, lebar 15 meter, dengan diameter lingkaran tengah seluas 3,6 meter.

BACA JUGA:Sejarah Perbasi dan Fungsinya yang Berjasa untuk Kancah Basket Indonesia

Untuk lebar garis di seluruh bagian lapangan, terhitung seluas 5 centimeter. Selain itu, tinggi ring basket dalam ukuran lapangan basket yang sesuai standar FIBA juga diperhitungkan. Dilansir dari laman DBL Indonesia, tinggi ring basket dari lantai hingga bagian atas ring basket mencapai 3,05 meter.

Sementara untuk ring basket sendiri, juga punya aturan FIBA. Hal itu diatur agar ring basket tidak terlalu membebani alas lapangan, yang terbuat dari kayu.

ukuran lapangan basket

(Ilustrasi permainan basket (Foto: FIBA Basketball)

Adapun untuk ketebalan ring basket berdiameter ring 450 mm hingga 459 mm. Ketebalan ring basket sekira 16 mm hingga 20 mm. Sementara untuk panjang jaring basket sekira 400-500 mm dengan 12 bagian jaring tergantung di ring.

Perlu diketahui, jaring pada ring basket, tidak boleh terbuat dari bahan yang kaku. Sebab, hal kecil itu akan berpengaruh kepada kenyamanan para pemain di lapangan.

Demikian ulasan ukuran lapangan basket yang sesuai standar FIBA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini