Share

Di Akhir Musim MotoGP 2022, WithU Tinggalkan Tim RNF Harus Berpisah Gara-Gara Krisis Keuangan

Rio Eristiawan, Jurnalis · Rabu 14 September 2022 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 38 2667330 di-akhir-musim-motogp-2022-withu-tinggalkan-tim-rnf-harus-berpisah-gara-gara-krisis-keuangan-yJzIEd2S6S.jpg Para pembalap WithU RNF Yamaha di MotoGP 2022. (Foto: RNF Yamaha)

VERONA – RNF Racing harus mengakhiri romansa kebersamaannya dengan sponsor utama mereka, yakni WithU, di akhir MotoGP 2022. Penyebabnya, WithU mengalami krisis keuangan.

WithU menandatangani kontrak sebagai sponsor tim satelit Yamaha pada Oktober 2021. Merek asal Italia itu terikat kontrak dengan RNF Racing hingga 2023.

Andrea Dovizioso

BACA JUGA: Marc Marquez Comeback di MotoGP Aragon 2022, Aleix Espargaro: Sudah Dinanti Para Pembalap!

Namun, kerja sama keduanya harus berakhir lebih cepat dari waktu yang sudah ditentukan. CEO WithU, Matteo Ballarin, mengatakan perusahaan sedang mengalami krisis keuangan akibat dampak perang antara Rusia dan Ukraina.

BACA JUGA: Joan Mir Susul Marc Marquez Comeback di MotoGP Aragon 2022, Livio Suppo Girang Bukan Main

"Saat ini, kita sedang mengalami krisis ganda. Europe Energy Spa, yang merupakan perusahaan historis saya, telah mengajukan kebangkrutan," kata Ballarin, dilansir dari Motosan, Rabu (14/9/2022).

Ballarin menjelaskan WithU akan memfokuskan diri sebagai sponsor bola voli. Pasalnya, menjadi sponsor di MotoGP harus mengeluarkan banyak uang, tetapi keadaan perekonomian sedang tidak baik untuk WithU sehingga membuat mereka harus pergi.

"Sponsorship MotoGP sangat intens, tetapi situasi pasar tidak memberi kami keuntungan hari ini. Di bola voli, di sisi lain, kami ingin melanjutkan karena kami merasa terlibat sebagai aktor utama. Bukan berarti kami akan menambah sponsor di bola voli, tapi di MotoGP kami akan berhenti," ucapnya.

Andrea Dovizioso

Sementara itu, dengan perginya WithU di akhir musim MotoGP 2022, hal ini menjadi kabar buruk untuk RNF Racing. Akibatnya, bos RNF Racing, Razlan Razali, harus memutar otak untuk mencari sponsor baru di musim depan.

Sponsor pun menjadi harapan RNF Racing di musim depan setelah memutuskan bergabung dengan Aprilia sebagai tim satelit. Terlebih, Aprilia sedang mencari sponsor untuk mencari sponsor, seperti tim pabrikan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini