Share

5 Ganda Putri Bulu Tangkis Terlama yang Bertakhta di Peringkat Satu BWF, Ada Wakil Indonesia?

Krisna Octavianus, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2022 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 40 2645931 5-ganda-putri-bulu-tangkis-terlama-yang-bertakhta-di-peringkat-satu-bwf-ada-wakil-indonesia-OrNEA8US3L.jpg Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi jadi peringkat satu terlama di ganda putri BWF. (Foto:

SEBANYAK 5 ganda putri bulu tangkis terlama yang bertakhta di peringkat satu BWF akan dibahas dalam artikel ini. Apakah ada wakil Indonesia?

Kalau berbicara ganda putri, China dan Jepang bisa dibilang adalah jagonya. Pasangan ganda putri dari dua negara itu memang selalu bergantian di podium utama atau ranking teratas BWF.

Namun, Indonesia sebenarnya punya banyak deretan ganda putri yang bagus. Ada Ivana Lie/Verawaty Fajrin, Imelda Wiguna/Verawaty Fajrin, Finarsih/Lili Tampi, sampai Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Sekarang, kita berharap Apriyani Rahayu yang berpasangan Siti Fadia Silva Ramadhanti bisa tampil konsisten dan menjadi ganda putri terbaik di dunia.

Di sisi lain, ada deretan pebulu tangkis ganda putri yang tampil konsisten bertahun-tahun. Mereka bahkan lama bertakhta di peringkat satu BWF. Siapa saja ada di daftar tersebut? Berikut daftarnya yang dikumpulkan Okezone:

5. Tian Qing/Zhao Yunlei (25 Pekan)

Tian Qing/Zhao Yunlei

Tiang Qing/Zhao Yunlei adalah salah satu pasangan ganda putri sejak 2011 sampai berpisah pada 2014. Bersama Zhao Yunlei mereka meraih medali emas Olimpiade 2012.

Tian Qing/Zhao Yunlei berada di peringkat satu BWF selama 25 pekan. Menariknya, mereka berpisah secara tidak baik-baik. Karena mantan pacar Zhao Yunlei, yang juga pebulu tangkis Zhang Nan, malah memacari Tian Qing.

4. Chen Qingchen/Jia Yifan (33 Pekan)

Chen Qingchen/Jia Yifan

Musuh bebuyutan dari Greysia Polii/Apriyani Rahayu ini juga merupakan salah satu ganda putri terbaik di dunia. Chen/Jia adalah peraih medali perak Olimpiade 2020.

Chen/JIa berhasil menjadi peringkat satu dunia selama 33 pekan berturut-turut. Konsistensi mereka memang tidak perlu diragukan.

3. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (46 Pekan)

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota adalah salah satu ganda putri andalan Jepang. Berpasangan sejak 2018, prestasinya luar biasa.

Salah satu yang menarik adalah mereka berhasil menjadi peringkat satu duni selama 46 pekan berturut-turut.

2. Wang Xiaoli/Yu Yang (73 Pekan)

Wang Xiaoli/Yu Yang

Wang Xiaoli/Yu Yang berpasangan sejak 2010 dan tampil luar biasa selama 2011 dengan meraih berbagai gelar bergengsi mulai dari All England, Korea Open, China Open, Indonesia Open, sampai Denmark Open.

Meski pernah kena kontroversi di Olimpiade 2012 bersama Jung Kyung-eun/Kim Ha-na, Ha Jung-eun/Kim Min-jung, dan Meiliana Jauhari/Greysia Polii mereka "main sabun" dan didiskualifikasi dari Olimpiade 2012. Akan tetapi, mereka pernah menjadi peringkat 1 dunia selama 73 pekan atau sekitar 1 tahun 5 bulan.

1. Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (84 Pekan)

Misaki Matsutomo/Yuki Fukushima

Rekor Wang Xiaoli/Yu Yang ternyata masih kalah dari Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. Ganda putri Jepang ini memang luar biasa. Mereka adalah juara Olimpiade 2016.

Lebih luar biasa lagi, mereka menjadi peringkat satu dunia selasma 84 pekan atau setara dengan 1 tahun 6 bulan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini