Share

6 Alasan Terbesar Mengapa Sulit Turunkan Berat Badan Menurut Ade Rai, Nomor 1 Salah Artikan Maksud Cheat Day

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2022 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 43 2645666 6-alasan-terbesar-mengapa-sulit-turunkan-berat-badan-menurut-ade-rai-nomor-1-salah-artikan-maksud-cheat-day-1lXmHBvoSO.jpg 6 Alasan Terbesar Mengapa Sulit Turunkan Berat Badan Menurut Ade Rai. (Foto: Instagram/ade_rai)

6 Alasan terbesar mengapa sulit turunkan berat badan menurut Ade Rai akan dibahas pada artikel kali ini. Ade Rai merupakan seorang legenda hidup binaragawan Indonesia.

Setelah pensiun, Ade Rai kerap membagikan tips dan trik hidup sehat dan juga cara menurunkan berat badan di kanal Youtube miliknya. Salah satu topik pembahasannya adalah alasan mengapa sulit menurunkan berat badan.

Nah, berikut adalah 6 alasan terbesar mengapa sulit turunkan berat badan menurut Ade Rai.

6 Alasan Terbersar Mengapa Sulit Turunkan Berat Badan Menurut Ade Rai

6. Kekurangan protein

Protein penting bagi tubuh

Ade Rai menjelaskan bahwa pejuang diet harus mengkonsumsi makro nutrisi berupa protein, karbohidrat, dan juga lemak. Sayangnya, banyak yang justru lebih banyak mengkonsumsi karbohidrat dan lemak daripada protein.

Jika mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat dan lemak, maka akan membuat tubuh semakin berat dan membuat perut buncit. Apalagi jika kurang gerak atau olahraga.

Maka dari itu, Ade Rai menyarankan untuk memenuhi asupan makro nutrisi di atas.

5. Merasa stres

Stres ganggu program diet

Banyak yang tidak menyadari hal ini. Merasa stres rupanya tidak hanya menganggu imunitas tubuh, namun juga menjadi salah satu penyebab penghambatan diet.

Karena secara emosional stres dalam jangka panjang akan membuat peradangan pada pembuluh darah serta kortisol yang membuat perut membuncit.

4. Olahraga yang kurang tepat

Ilustrasi olahraga

Menurut Ade Rai, kebanyakan orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan akan melakukan olahraga kardio. Meski baik untuk jantung, namun kardio bukanlah cara yang efektif untuk membakar lemak.

Ade Rai menyarankan untuk melakukan olahraga angkat beban untuk membangun otot. Karena angkat beban bisa menjadi sebuah cara yang manjur untuk membakar lemak sehingga berat badan turun.

3. Terlalu banyak kalori

Kalori

Asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh tentu harus dipertahikan dengan baik. Karena pejuang diet terkadang tidak sadar akan kalori yang terlalu berlebihan. Jika tubuh terlalu banyak mendapatkan kalori tambahan, maka yang terbakar ketika olahraga adalah kalori yang baru masuk. Sementara kalori yang sudah menempel di badan tidak ikut terbakar.

2. Intensitas olahraga yang rendah

Olahraga

Intensitas olahraga yang rendah bisa menjadi salah satu alasan anda gagal menurunkan berat badan. Mengambil contoh seseorang yang melakukan olahraga kardio selama 30 menit dengan catatan sebelumnya sudah sarapan.

Dalam 30 menit, tubuh sedang membakar gula dan lemak akan terbakar menjadi tenaga. Ketika sedang pembakaran lemak, tak sedikit orang yang malah mengkonsumsi karbohidrat lagi, sehingga pembakaran akan terganggu.

Maka dari itu, sebaiknya anda meningkatkan intensitas olahraga namun jangan sampai berlebihan.

1. Konsep cheat day yang salah

Salah mengartikan cheat day

Banyak yang masih salah arti mengenai cheat day. Cheat day bukan berarti anda bisa memakan apapun, namun makanlah makanan yang bisa menutrisi tubuh secara maksimal.

Sayangnya, banyak yang salah kaprah menganggap cheat day bisa makan sepuasnya. Justru hal ini akan menambah timbunan lemak.

Itulah 6 Alasan Terbesar Mengapa Sulit Turunkan Berat Badan Menurut Ade Rai. Stress Bisa Jadi Penyebabnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini