Share

5 Tahun Lalu Tak Terpikirkan Pabrikan Jepang Akan Dikalahkan Tim Italia di MotoGP

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 10 Agustus 2022 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 38 2645311 lima-tahun-lalu-tak-terpikirkan-pabrikan-jepang-akan-dikalahkan-tim-italia-di-motogp-o8fSfiqeVR.jpg Pol Espargaro heran pabrikan Jepang kalah dari tim Italia di MotoGP. (Foto: MotoGP)

SEJAK aktif sebagai pembalap MotoGP lima tahun lalu, Pol Espargaro tidak pernah menyangka tim asal Jepang akan terpuruk di MotoGP. Siapa sangka, tim-tim Italia mulai berkembang dengan baik.

Pol Espargaro sejak 2021 bergabung bersama Repsol Honda. Dalam bayangannya, ia akan tampil hebat bersama Honda yang bertahun-tahun menguasai MotoGP.

Pol Espargaro

Apalagi, saat itu pembalap andalan Honda, Marc Marquez sedang bagus-bagusnya di kejuaraan. Tim ini pun tidak terkejar oleh pabrikan lain yang diciptakan di Eropa.

Tapi hari ini, roda seakan berputar bagi tim dari Jepang. Honda secara signifikan mengalami penurunan terutama sejak ditinggal Marc Marquez yang cedera 2020.

Kini justru Honda tertinggal jauh dari tim Italia, Ducati. Hal itu terlihat dari klasemen kejuaraan dunia ketika 4 pembalap Ducati menempati 10 besar klasemen pembalap.

Pol Espargaro tidak bisa menyembunyikan kekecewaan atas pencapaian timnya ini. Setidaknya dalam lima tahun terakhir, tren ini tidak pernah terbayang olehnya.

“Lima tahun yang lalu, tampaknya tidak terpikirkan bahwa tim Jepang akan runtuh secara bertahap dan tim Italia akan melaju. Itu adalah sesuatu yang tidak bisa diramalkan,” ucap Pol Espargaro dikutip laman Paddock GP, Rabu (10/8/2022).

Pol Espargaro

Lebih kecewa lagi ketika ia tidak melihat pergerakan apapun dari Honda untuk membenahi ini semua. Ia menilai Honda sudah menganggap musim ini telah berakhir.

“Masalahnya adalah saya tidak tahu apa yang dipikirkan Honda. Saya tidak tahu apakah yang terjadi di sini, diketahui atau tidak di Jepang. Sepintas, sepertinya tidak demikian, karena kami tidak mendapatkan perangkat keras yang diperlukan untuk meningkatkan motor,” lanjutnya.

Pol Espargaro saat ini menduduki peringkat ke-17 klasemen sementara pembalap MotoGP. Sementara itu, pembalap terbaik tim ini masih dipegang Marc Marquez yang menduduki peringkat ke-14.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini