Share

Perbandingan Motor Aprilia dan Ducati, Siapa yang Lebih Stabil?

Rio Eristiawan, Jurnalis · Selasa 09 Agustus 2022 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 38 2644725 perbandingan-motor-aprilia-dan-ducati-siapa-yang-lebih-stabil-bFs3UMJw9C.jpg Miguel Oliveira meyakini Aprilia lebih stabil dibanding Ducati. (Foto: motogp)

APRILIA Racing dan Ducati Lenovo adalah dua tim yang bersaing ketat di MotoGP 2022 untuk merusak hegemoni Yamaha. Akan tetapi, antara Aprilia dan Ducati, siapa yang lebih stabil?

Pembalap KTM Red Bull Factory Racing, Miguel Oliveira, memberikan penilaian kepada motor-motor rivalnya. Pembalap asal Portugal itu menilai motor Aprilia lebih stabil dibandingkan dengan Ducati.

Ducati Lenovo

Ia mengatakan hal itu setelah berkaca dari hasil MotoGP Inggris 2022 di Sirkuit Silverstone. Francesco Bagnaia keluar sebagai pemenang dalam balapan itu.

Sementara itu, di posisi kedua ditempati oleh pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales yang sempat bersaing di dua lap terakhir dengan Bagnaia, tetapi top Mack -panggilan Maverick Vinales- gagal mendapatkan kemenangan perdanya. Sedangkan, posisi ketiga ditempati oleh rekan setim Pecco -sapaan akrab Francesco Bagnaia- Jack Miller.

Meski Vinales gagal bersaing untuk mendapatkan kemenangan dari Bagnaia, tetapi Oliveira memiliki penilai mengenai motor miliki Aprilia, RS-GP. Pembalap berusia 27 tahun itu menilai Aprilia berhasil menunjukkan langkah bagus setelah libur paruh musim dengan mendapatkan podium kedua di Silverstone.

"Aprilia mengambil langkah bagus untuk bisa mendapatkan podium di Silverstone, itu sudah pasti. Mereka (Aprilia racing) memiliki kecepatan yang luar biasa," kata Miguel Oliveira dilansir dari Paddock GP, Selasa (9/8/2022).

Miguel Oliviera

Miguel Oliveira menyebut banyak tim-tim menyiapkan motor dengan kecepatan yang hampir mirip. Akan tetapi, ia menilai Aprilia memiliki motor yang sempurna dan lebih stabil sedikit dibandingkan dengan Ducati.

"Namun, dalam kondisi balapan, perbedaan di antara motor-motor lebih ketat daripada dalam satu putaran. Ada banyak sepeda motor dengan kecepatan yang sangat mirip, tetapi Aprilia terlihat seperti motor yang sempurna, bahkan mungkin sedikit lebih stabil daripada Ducati," ucapnya.

Musim ini, Ducati menurunkan delapan motor untuk bersaing memperebutkan gelar juara. Hasil tersebut membuat pabrikan asal Borgo Panigale tersebut memimpin puncak klasemen konstruktor MotoGP 2022 dengan 271 poin dari tujuh kemenangan dan 18 podium.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini