Share

Franco Morbidelli Melempem, Yamaha Disarankan Jadikan Toprak Razgatlioglu Tandem Fabio Quartararo

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2022 08:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 38 2632019 franco-morbidelli-melempem-yamaha-disarankan-jadikan-toprak-razgatlioglu-tandem-fabio-quartararo-rQTZcOUn2H.jpg Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli beda nasib di MotoGP 2022. (Foto: MotoGP)

GENOVA โ€“ Kiprah Franco Morbidelli bersama Monster Energy Yamaha di MotoGP 2022 jadi sorotan. Lantaran gagal bersinar, posisi Morbidelli pun dinilai terancam. Yamaha bahkan disarankan merekrut Toprak Razgatlioglu menggantikan Morbidelli sebagai tandam Fabio Quartararo.

Ya, posisi Franco Morbidelli di Monster Energy Yamaha bisa saja tergantikan jika performanya tak alami peningkatan. Pandangan ini pun turut diamini pembalap tim Yamaha Endurance World Championship (EWC), Niccolo Canepa.

Franco Morbidelli

Harus diakui, performa Morbidelli selama paruh pertama musim ini terbilang cukup buruk. Pencapaian terbaik pembalap asal Italia itu adalah finis di urutan tujuh yaitu pada MotoGP Indonesia 2022.

BACA JUGA: Ini Alasan Jorge Martin Takkan Duet dengan Marc Marquez di Repsol Honda

Selebihnya, Morbidelli kesulitan untuk menembus sepuluh besar. Tak heran jika dirinya kini sedang bertengger di posisi 19 dengan koleksi 25 poin. Berbanding terbalik dengan tandemnya, Fabio Quartararo yang saat ini merajai klasemen sementara.

Performa kurang memuaskan inilah yang dapat membuat posisi Morbidelli terancam di Monster Energy Yamaha. Bukan bukan hal mustahil jika murid Valentino Rossi itu akan didepak dari kursi tim pabrikan kalau tak mampu mengeluarkan performa terbaiknya.

BACA JUGA: Tatap Paruh Kedua MotoGP 2022, Yamaha Yakin Franco Morbidelli Takkan Melempem Lagi

Canepa bahkan menilai skenario seperti Maverick Vinales musim lalu bisa saja muncul kembali. Sosok Razgatlioglu dinilai sosok yang tepat untuk menjadi tandem Quartararo di tim pabrikan asal Jepang tersebut.

โ€œSelama bertahun-tahun, kami telah melihat segalanya. Saya ingat Maverick Vinales menang pada 2021 dan kemudian pergi. Semuanya mungkin,โ€ ucap Canepa dikutip dari Motorsport, Selasa (19/7/2022).

โ€œDi Yamaha, kami semua ingin Franco bisa menunjukkan kemampuannya dan secepat pada 2020. Tapi, apa pun bisa terjadi. Saat ini saya melihatnya sebagai skenario yang memungkinkan,โ€ lanjutnya.

Peluang Razgatlioglu untuk hijrah ke MotoGP memang cukup terbuka. Apalagi, Juara Dunia WSBK musim lalu itu juga telah melakukan tes privat dengan motor Yamaha YZR M1.

Toprak Razgatlioglu

โ€œIni akan menjadi pertunjukan yang menarik bagi Toprak. Saya pikir jika dia berhasil menjadi cepat, akan sangat normal bagi Yamaha untuk memikirkan dia untuk masa depan di MotoGP,โ€ ungkapnya.

โ€œDia telah memenangkan kejuaraan dunia di Superbike, yang telah hilang selama beberapa waktu di Iwata House dan dia adalah orang yang luar biasa serta menjadi pengendara yang sangat baik,โ€ pungkas Canepa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini