Share

Pembekuan Ranking Dunia Dicairkan, Jonatan Christie Diprediksi Masuk Lima Besar dan Lewati Kento Momota

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 40 2623952 pembekuan-ranking-dunia-dicairkan-jonatan-christie-diprediksi-masuk-lima-besar-dan-lewati-kento-momota-kSRnBueKj0.jpg Jonatan Christie diprediksi bakal masuk peringkat lima besar dunia. (Foto: PBSI)

KUALA LUMPUR – Jonatan Christie diprediksi akan merebut status Anthony Sinisuka Ginting sebagai tunggal putra terbaik Indonesia saat ini. Sebab jika Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) sudah mencairkan ranking dunia yang sempat dibekukan, maka Jonatan diprediksi akan naik ke lima besar dan bahkan melewati posisi mantan peringkat satu dunia, yakni Kento Momota (Jepang.

Seperti diketahui, BWF telah mengumumkan bahwa mereka bakal memulai proses pencairan ranking dunia pada Agustus mendatang. Masa transisi tersebut akan bergulir selama 52 minggu dan akan dipublikasikan dari 2 Agustus 2022 hingga 3 Januari 2023.

Setiap minggunya, sejak peringkat yang baru diterbitkan mulai 2 Agustus 2022, akan ada empat minggu poin peringkat dunia historis yang dihapus mulai dari Minggu ke-12 2019. Satu-satunya pengecualian adalah selama Minggu ke-1 2023 di mana tiga minggu turnamen historis akan dihapus untuk memperbarui peringkat.

Sebelumnya, akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia, peringkat dunia resmi dibekukan pada 17 Maret 2020 lalu. Sebab, banyak turnamen yang gagal digelar karena merebaknya virus corona.

Jonatan Christie (PBSI)

Peringkat dunia baru dibuka lagi mulai 2 Februari 2021 lalu usai ajang BWF World Tour Finals 2020 selesai digelar di Bangkok selama Minggu ke-4 2021.

Nah, menjelang pencairan ranking dunia bulan depan, akun Twitter @badmintoneropa, memberikan prediksi pergeseran tempat para jagoan bulutangkis dunia dalam peringkat dunia terbaru. Namun dengan catatan, prediksi peringkat terbaru ini hanya dihitung berdasarkan performa para pemain dalam 52 pekan terakhir atau rata-rata 10 turnamen, termasuk yang baru saja selesai digelar akhir pekan lalu, yakni Malaysia Open 2022.

Untuk sektor tunggal putra, Viktor Axelsen masih nyaman di posisi puncak sebagai pemain ranking satu dunia. Bahkan, dia kemungkinan bakal mencetak rekor sebagai pemain pertama yang sukses membukukan lebih dari 110 ribu poin, yakni 115,006 poin.

Sementara itu, Jonatan Christie akan berubah menjadi pemain tunggal putra nomor satu di Tanah Air. Sebab, dia naik ke posisi lima dunia dengan torehan 72,512 poin.

Angka tersebut mengalahkan Raihan tunggal putra Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting. Pemain asal Bandung itu kemungkinan akan turun ke ranking 10 dunia dengan 63,149 poin.

Hebatnya lagi, Jojo -sapaan Jonatan- bakal berada dua tempat di atas Kento Momota, yang diprediksi merosot lima peringkat dari ranking pembekuannya, yakni ke tempat ke tujuh. Mantan pemain ranking satu dunia itu baru membukukan 68,104 poin saja.

Kesuksesan Jojo tersebut adalah berkat gelar juara Swiss Open 2022 yang diraihnya tahun ini. Selain itu, dia juga tampil gemilang pada beberapa turnamen lainnya.

Sedangkan Momota, memang mengalami penurunan performa sejak mengalami kecelakaan di Malaysia pada 2020 lalu. Dia pun sudah tersingkir empat kali di babak pertama dari lima turnamen terakhir yang diikutinya pada 2022 ini.

Kento Momota

Untuk ranking dua dunia, diduduki oleh bintang Malaysia, Lee Zii Jia, dengan torehan 82,818 poin. Lalu, juara dunia 2021 asal Singapura, Loh Kean Yew, juga melesat ke posisi ketiga dengan 76,614 poin, yang diikuti oleh Lakshya Sen dari India di tempat keempat dengan Raihan 73,614 poin.

Sementara di sektor lainnya peringkat ranking satu dunia juga banyak yang bergeser. Tercatat hanya Akane Yamaguchi yang masih bisa mempertahankan statusnya sebagai pemain ranking satu dunia jika pencairan peringkat BWF sudah diberlakukan.

Sedangkan di sektor ganda putri, juara All England 2022, Thailand Open 2022 dan Indonesia Open 2022, Nami Matsuyama dan Chiharu Shida (Jepang), bakal meroket ke puncak ranking dunia. Lalu, dua pasangan Negeri Sakura lainnya juga akan menjadi yang terbaik di sektor ganda putra dan ganda campuran yakni, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dan Yuta Watanabe/Arisha Higashino.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini