Share

3 Aksi Marc Marquez yang Memicu Kontroversi di MotoGP, Nomor 1 dengan Eks Rekan Setim Valentino Rossi

Cita Zenitha, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 38 2622830 3-aksi-marc-marquez-yang-memicu-kontroversi-di-motogp-nomor-1-dengan-eks-rekan-setim-valentino-rossi-j0Hc9wOaHi.jpg Berikut 3 aksi Marc Marquez yang memicu kontroversi di MotoGP. (Foto: Instagram/@marcmarquez93)

3 aksi Marc Marquez yang memicu kontroversi di ajang MotoGP menarik dikulik. Sebab, Marc Marquez sudah menjadi sosok ikonik dan idola di pentas MotoGP.

Hal ini terjadi karena Marquez sukses mengukir karier ciamik di MotoGP. Demi berjuang meraih gelar juara, dia pun rela melakukan segala cara yang bahkan terkadang berujung terjadinya insiden.

BACA JUGA: Marc Marquez Sebut Dirinya Kuat karena Terinspirasi Sosok Rafael Nadal

Beberapa insiden yang dialami pun memicu kontroversi. Alhasil, momen-momen ini tak terlupakan. Hal ini termasuk kala dirinya bersitegang dengan Valentino Rossi.

BACA JUGA: Selain karena Cedera, Motor Honda Jadi Penyebab Penurunan Performa Marc Marquez

Saat berada di sirkuit, pembalap dengan julukan The Baby Alien memang terkenal agresif. Sehingga, tak sekali ia berhadapan dengan pembalap lain karena sebuah insiden. Bahkan, Marquez dinilai rela melakukan penghinaan demi meraih juara.

Kali ini, Okezone telah merangkum 3 aksi Marc Marquez yang memicu kontroversi di ajang MotoGP sepanjang kiprahnya sebagai pembalap.

3 Aksi Marc Marquez yang Memicu Kontroversi di MotoGP

3. MotoGP Australia 2015

Marc Marquez

Masih teringat jelas kontroversi antara Marquez dengan Valentino Rossi di MotoGP Australia 2022. Ini jadi awal mula konflik Valentino Rossi dengan Marc Marquez.

Saat itu, Rossi juga berseturu dengan Jorge Lorenzo. Marquez saat itu bersekongkol dengan Lorenzo untuk menjagal langkah Rossi menuju gelar juara 2015 di Phillips Island.

2. MotoGP Jerman 2016

Marc Marquez

Lalu, ada insiden di MotoGP Jerman 2016. Pada tahun itu, Marc Marquez melakukan kecurangan saat melakukan pit stop mengganti motor. Adanya kontroversi tersebut seperti mencoreng citra Marquez dalam meraih kemenangan pada MotoGP Jerman 2016.

Kecurangan tersebut terungkap ketika sebuat video yang beredar di dunia maya. Dalam video tersebut, tim Repsol Honda terlihat memegang kopling saat mengganti motor Marquez. Banyak orang berspekulasi bahwa motor tersebut sudah masuk gigi.

Memegang kopling memang bukan suatu tindakan illegal, tapi memasukkan gigi menjadi sebuah pelanggaran. Gigi harus dimasukkan oleh pembalap sendiri.

Namun, setelah diusut tuntas, Marquez dinyatakan tidak bersalah. Sebab saat itu, direktur teknisi Asosiasi tim MotoGP atau IRTA sudah mendatangi langsung garasi Honda.

1. MotoGP Jerman 2017

Marc Marquez

Kembali terjadi kontroversi dari Marc Marquez pada MotoGP Jerman. Kali ini terjadi pada 2017. Berdasarkan keterangan dari Cal Crutchlow yang kala itu membela LCR Honda, Marquez secara sengaja menyenggol Maverick Vinales.

Dalam wawancara bersama Motosport pada Kamis 6 Juli 2017 Crutchlow memberi komentar tentang perlakuan Marquez. Crutchlow menjelaskan Marquez memang senang sekali melakukan perbuatan tersebut pada rivalnya.

Itulah 3 aksi Marc Marquez yang memicu kontroversi di ajang MotoGP. Bagaimana menurutmu?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini