Share

Daftar Pelatih Bulu Tangkis Indonesia yang Melatih di Malaysia, Nomor 1 Bawa Ganda Malaysia Raih Medali Olimpiade

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 40 2620661 daftar-pelatih-bulu-tangkis-indonesia-yang-melatih-di-malaysia-nomor-1-bawa-ganda-malaysia-raih-medali-olimpiade-aFn9poqXjO.jpg Berikut daftar pelatih bulu tangkis Indonesia yang melatih di Malaysia. (Foto: Reuters)

DAFTAR pelatih bulu tangkis Indonesia yang melatih di Malaysia menarik dikulik. Sebab, saat ini, sudah cukup banyak pelatih bulu tangkis Indonesia yang menangani pebulu tangkis di Negeri Jiran -julukan Malaysia.

Hal tersebut pun menjadi bukti bahwa kualitas Indonesia di dunia bulu tangkis sudah diakui di mata dunia. Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara pencetak atlet bulu tangkis terbaik di dunia.

BACA JUGA: Curi Perhatian, Aksi Shesar Hiren Rhustavito Bantu Rasmus Gemke yang Cedera Keluar dari Lapangan di Malaysia Open 2022

Karena itu, tidak heran Malaysia mencari mantan pemain bintang Indonesia untuk dijadikan sosok pelatih untuk menggembleng prestasi atletnya. Setidaknya, ada empat pelatih bulu tangkis Malaysia yang berkewarganegaraan Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut daftar pelatih bulu tangkis Indonesia yang melatih di Malaysia.

BACA JUGA: Suporter Malaysia Teriak Ea Ea di Malaysia Open 2022, Netizen Indonesia Serbu Akun Medsos Admin BWF

4. Hendrawan

Hendrawan

Dibanding tiga rekan lainnya, Hendrawan menjadi pelatih asal Indonesia yang paling lama melatih Malaysia. Dirinya sudah bergabung dengan Malaysia sejak Juli 2009.

Hendrawan pun mampu membuat sektor tunggal putra Malaysia bersaing di berbagai turnamen internasional. Setelah berhasil membuat Lee Chong Wei sebagai pemain terbaik dunia, Hendrawan juga mendidik Lee Zii Jia sebagai tumpuan Malaysia ke depannya.

3. Rexy Mainaky

Rexy Mainaky

Rexy Mainaky juga menjadi salah satu mantan pemain Indonesia yang menjadi pelatih di Malaysia. Bergabung pada Oktober 2021, Rexy dipercaya untuk mengemban tugas sebagai direktur kepelatihan sektor ganda.

Mantan peraih medali emas di Olimpiade 1996 di sektor ganda putra itu pun mampu menghasilkan beberapa pasangan bintang Malaysia. Aaron Chia/Soh Wooi Yik pun juga mendapat polesan dari mantan partner Ricky Subagja tersebut.

2. Paulus Firman

Paulus Firman

Paulus Firman dipercaya menjadi pelatih ganda putra Malaysia sejak 2018. Namun seiring perubahan, pelatih asal Indonesia tersebut dipercaya untuk menjadi pelatih ganda campuran pada 2020.

Meski begitu, Paulus Firman memutuskan untuk mengikuti jejak Flandy Limpele, untuk meninggalkan kursi pelatih Malaysia. Firman sempat dirumorkan mengisi kursi pelatih di Indonesia. Namun, dia menegaskan alasannya meninggalkan Malaysia untuk menikmati waktunya bersama keluarga.

1. Flandy Limpele

Flandy Limpele

Flandy Limpele merupakan mantan pemain ganda putra Indonesia yang sempat menjadi pelatih Malaysia. Bergabung sejak 2020, Limpele mampu meningkatkan kualitas bersaing atlet ganda putra putra Malaysia, seperti Aaron Chia/Soh Wooi Yik, di berbagai kejuaraan bergengsi.

Yang mengejutkan, Aaron/Soh sukses mengalahkan pasangan unggulan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, di babak perempatfinal Olimpiade Tokyo 2020. Aaron/Soh pun akhirnya meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020.

Meski sukses melatih di Malaysia, Limpele akhirnya memilih kembali ke Indonesia. Dia kini melatih ganda campuran sejak 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini