Share

Keluhkan Kondisi Lintasan Sirkuit Assen yang Basah, Joan Mir: Bahaya untuk Para Pembalap!

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Sabtu 25 Juni 2022 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 25 38 2618067 keluhkan-kondisi-lintasan-sirkuit-assen-yang-basah-joan-mir-bahaya-untuk-para-pembalap-drgYnB7kLd.jpg Joan Mir saat melintasi Sirkuit Assen yang basah di sesi latihan bebas MotoGP Belanda 2022. (Foto: MotoGP)

ASSEN – Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir mengeluhkan banyaknya genangan air yang terlihat di Sirkuit Assen, Belanda, usai trek tersebut diguyur hujan. Menurutnya, genangan air itu benar-benar bahaya bagi para pembalap yang tampil di MotoGP Belanda 2022.

Saat latihan bebas 1 MotoGP Belanda 2022 yang dilangsungkan pada Jumat 25 Juni 2022, hujan yang cukup deras memang turun. Hasilnya, para pembalap pun harus lebih berhati-hati untuk mengemudikan motornya agar tidak terjatuh.

Mir mengatakan bahwa dirinya tidak mengalami banyak kendala di awal sesi tersebut. Namun lama-kelamaan hujan semakin deras yang membuat beberapa bagian sirkuit sedikit tergenang oleh air.

Joan Mir

“Start pertama tidak terlalu buruk, tetapi di detik kedua saya menyadari bahwa situasinya lebih buruk dari yang saya kira. Beberapa area trek sangat basah dan menyebabkan aquaplaning,” ujar Hoan Mir dilansir dari Motosan, Sabtu (25/6/2022).

Pembalap asal Spanyol itu pun merasa kondisi tersebut cukup membahayakan. Psalnya, genangan yang ada di beberapa bagian sirkuit membuat lintasan terasa sangat licin untuk dikendarai dengan maksimal.

“Jika kami harus berlari dalam kondisi seperti ini dalam balapan, itu akan berbahaya. Terutama di lintasan lurus, di tikungan lima dan di sektor keempat,” imbuh pembalap berusia 24 tahun tersebut.

Meski dalam kondisi yang berbahaya, sesi tersebut justru tetap dilangsungkan. Mir pun menyebut bahwa hal tersebut harus dibicarakan dengan komisi keselamatan dan mencari solusi yang tepat jika situasi seperti itu kembali terjadi.

“Saya tidak ingat begitu banyak air yang terakumulasi di trek ini di masa lalu. Untuk beberapa alasan, hari ini dan itu harus dibahas di Komisi Keselamatan, karena tidak ada yang terjadi dalam pelatihan, tetapi jika balapan seperti ini akan menjadi rumit,” sambungnya.

Joan Mir

“Saya akan pergi ke Komisi Keamanan dan kita akan membicarakan hal ini. Itu adalah topik untuk diekspos, untuk melihat apa yang bisa dilakukan,” tambah Mir.

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini