Share

5 Fakta Race MotoGP Jerman 2022, Nomor 1 Nasib Sial Francesco Bagnaia

Hakiki Tertiari , Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 38 2614409 5-fakta-race-motogp-jerman-2022-nomor-1-nasib-sial-francesco-bagnaia-L9vDrYdUtU.jpg Berikut 5 fakta race MotoGP Jerman 2022 (Foto: MotoGP)

SEBANYAK 5 fakta race MotoGP Jerman 2022 akan dibahas pada artikel satu ini. Sebagaimana diketahui, seri ke-10 MotoGP 2022 telah berlangsung pada Minggu, 19 Juni 2022 malam WIB.

Fabio Quartararo pun berhasil menjadi juara di Sirkuit Sachsenring, Jerman. Diikuti Johann Zarco di posisi kedua dan Jack Miller di urutan ketiga. Merujuk pada hasil balapan, sejumlah fakta pun tercipta di sana.

Lantas, apa saja fakta menariknya? Berikut 5 fakta race MotoGP Jerman 2022 yang perlu Anda ketahui:

5. Balapan Tanpa Marc Marquez

Marc Marquez

Bagi Anda pecinta MotoGP pasti terasa aneh jika melihat balapan di Sirkuit Sachsenring, yang berlangsung Minggu, 19 Juni 2022 malam WIB. Ya, untuk pertama kalinya, sejak sembilan tahun terakhir, balapan di Sirkuit Sachsenring berlangsung tanpa Marc Marquez.

Sempat dibatalkan pada 2020 silam lantaran pandemi Covic-19, MotoGP Jerman kembali berlangsung pada 2021. Di tahun lalu itu, Marc Marquez berhasil jadi juara untuk kedelapan kalinya. Namun, tahun ini, ia harus absen lantaran cedera pada tangan kanannya.

4. Pertama Kalinya Honda Gagal Podium

Pol Espargaro

Sejak 12 tahun terakhir, untuk pertama kalinya tidak ada pembalap Honda yang podium di Sirkuit Sachsenring. Apalagi selama 12 tahun terakhir pula, Honda selalu jadi juara. Terakhir di torehkan Marc Marquez sebanyak delapan kali beruntun.

Akan tetapi, di MotoGP Jerman 2022, pembalap Honda justru tercecer di urutan ke-16. Itu ditempati oleh Stefan Bradl, pembalap pengganti Marc Marquez. Sementara Pol Espargaro, gagal finis.

3. Podium Juara Ketiga Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Di balik keberhasilan Fabio Quartararo jadi juara, ada catatan tersendiri yang bikin membanggakan. Ya, torehn ini jadi podium juara ketiga bagi Fabio Quartararo selama MotoGP 2022. Sebelum di Jerman, ia berhasil taklukan MotoGP Portugal dan MotoGP Catalunya.

2. Yamaha Kembali Berjaya di Sachsenring

Fabio Quartararo

Dominasi Honda dalam satu dekade lebih di Sirkuit Sachsenring memang luar biasa. Tapi, hal itu bisa dipatahkan oleh seorang Fabio Quartararo. Ya, pembalap asal Prancis itu jadi pembalap Yamaha pertama setelah Valentino Rossi, yang berhasil jadi juara di Sirkuit Sachsenring dalam kurun 12 terakhir.

Sekadar diketahui, terakhir Valentino Rossi berhasil menyabet juara pada tahun 2009. Setelah itu pembalap Honda yang selalu jadi juara.

1. Francesco Bagnaia Terjatuh dan Gagal Finis

Fransesco Bagnaia

Sirkuit Sachsenring jadi sahabat baik bagi Fabio Quartararo tahun ini. Akan tetapi, itu tidak berlaku bagi Francesco Bagnaia. Ya, pembalap Ducati Lenovo itu justru tertimpa nasib sial, lantaran jatuh di awal balapan.

Padahal, Francesco Bagnaia memulai balapan sebagai pole position. Namun, ia tak bisa melanjutkan balapan dan gagal juara di MotoGP Jerman 2022. Ini merupakan kegagalan kedua beruntun Francesco Bagnaia, setelah sebelumnya juga jatuh pada seri kesembilan di MotoGP Catalunya 2022.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini