Share

Alasan Terbesar Mengapa MotoGP Krisis Penonton?

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 38 2613463 alasan-terbesar-mengapa-motogp-krisis-penonton-deV304iEi4.jpg Alasan terbesar mengapa MotoGP krisis penonton (Foto: MotoGP)

ALASAN Terbesar Mengapa MotoGP Krisis Penonton? Tribune penonton MotoGP mengalami perubahan, terutama di Sirkuit Mugello dan Misano. Pasalnya, jumlah penonton di kedua sirkuit, yang biasanya ramai itu, kini berkurang drastis.

Seperti diketahui, MotoGP Italia dan San Marino terkenal memiliki basis penggemar yang besar. Itu didukung dengan sejumlah pembalap besar dan pabrikan ternama yang berada di grid.

Alasan Terbesar Mengapa MotoGP Krisis Penonton?

(Valentino Rossi di Sirkuit Mugello, foto: MotoGP)

Sebagai contoh, hanya ada 74 ribu penonton di Sirkuit Mugello sepanjang akhir pekan balapan MotoGP Italia 2022. Jumlah itu turun drastis dari MotoGP Italia 2019 yang mendatangkan 139 ribu penonton

Hal serupa juga terjadi pada beberapa balapan lain. Keadaan tersebut pun menimbulkan pertanyaan, mengapa jumlah penonton di MotoGP mengalami penurunan?

Salah satu faktor yang paling besar adalah pensiunnya Valentino Rossi. Ya, musim ini merupakan pertama kali MotoGP berlangsung tanpa kehadiran pembalap berjuluk The Doctor.

Memang, Rossi masih memiliki sejumlah pembalap binaan, seperti Francesco Bagnaia dan Franco Morbidelli. Belum lagi, ada satu tim milik Rossi yang ikut bersaing di MotoGP 2022, yaitu Mooney VR46 Racing Team.

Namun, itu tak menjamin penggemar Rossi segera berpaling dari The Doctor. Mereka menjadi enggan untuk menyaksikan langsung anak didik Rossi sehingga memilih mendukung dari rumah.

Alasan Terbesar Mengapa MotoGP Krisis Penonton?

(Valentino Rossi di Sirkuit Mugello, foto: MotoGP)

Selain itu, terdapat beberapa alasan lainnya. Sebut saja, dampak pandemi covid-19 yang mengakibatkan kondisi ekonomi para penggemar juga menurun.

Harga tiket, yang cenderung tinggi bagi sebagian besar penggemar, juga menjadi penyebabnya. Alhasil, banyak penggemar MotoGP memilih untuk menyaksikan idolanya dari layar kaca.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini