Share

Banyak yang Tidak Sadar, Tyson Fury Memiliki Gaya dan Teknik Tinju yang Sama denga Muhammad Ali

Maulana Yusuf, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2022 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 43 2601266 banyak-yang-tidak-sadar-tyson-fury-memiliki-gaya-dan-teknik-tinju-yang-sama-denga-muhammad-ali-OYNrWRzMTn.JPG Tyson Fury saat hadapi Dillian Whyte. (Foto: Reuters)

MANCHESTER - Juara dunia kelas berat WBC, Tyson Fury disebut-sebut memiliki gaya bermain tinju yang sama dengan sang legenda, Muhammad Ali. Bahkan teknik-teknik pukulan Fury banyak yang meniru permainan Ali.

Sebagimana diketahui, selain sebagai petinju hebat, Fury adalah seorang entertainer. Ia merupakan juara kelas berat paling karismatik yang pernah ada seperti yang dilakukan Ali.

Menurut laporan dari Talk Sport, Fury seolah meniru Ali. Di mana, Ali tidak hanya menyimpan karismanya saat konferensi pers pra-pertarungan.

Namun, kecakapan memainkan pertunjukannya juga muncul di atas ring, baik dari sisi Ali shuffle, mengejek lawan di tengah pertarungan atau rope-a-dope (strategi) yang terkenal. Hal itu juga dilakukan oleh Fury.

"Kami telah melihat Fury mengikuti jejak Ali dan saluran The Greatest -julukan Ali- pada beberapa kesempatan, mencoba (melakukan teknik) rope-a-dope untuk dirinya sendiri," menurut pernyataan Talk Sport, Sabtu (28/5/2022).

Lebih lanjut, pertama kalinya Fury menarik rope-a-dope dari lokernya ketika melawan Francesco Pianeta beberapa waktu lalu. Ia menunjukkan bahwa kepercayaan The Gypsy King -julukan Fury- telah kembali dengan cepat meskipun itu hanya pertarungan kedua sejak kembalinya dia ke tinju pada 2018.

Fury melepaskan gaya milik Ali terakhir kalinya ketika dia melawan Tom Schwarz di antara pertarungan pertama dan kedua dengan Deontay Wilder.

Kendati demikian kali ini, Fury tampaknya telah menyempurnakan tekniknya, menghindari enam pukulan lurus dan terlihat jauh lebih dekat dengan Ali yang prima.

Tyson Fury

Dengan mengatakan itu, tidak ada yang bisa melakukan teknik rope-a-dope seperti Ali, yang refleks seperti kucingnya akan meneror lawan. Ali terkenal karena menggunakan taktik rope-a-dope selama 'Fight of the Year' 1974 melawan George Foreman.

Fury sendiri baru-baru ini dikabarkan pensiun dari tinju profesional. Namun dia secara teknis masih juara WBC karena belum mengosongkan sabuk juara.

Kini ada banyak spekulasi, termasuk menilai Fury akan kembali ke ring untuk menghadapi pemenang pertandingan ulang antara Anthony Joshua vs Oleksandr Usyk untuk pertarungan gelar yang tak terbantahkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini