Share

Jelang MotoGP Prancis 2022, Fabio Quartararo dan Johann Zarco Patahkan Kutukan?

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 38 2592698 jelang-motogp-prancis-2022-fabio-quartararo-dan-johann-zarco-patahkan-kutukan-PKgFJBNxNz.jpg Fabio Quartararo dan Johann Zarco potensi patahkan kutukan (Foto: MotoGP)

JELANG MotoGP 2022 seri ketujuh, dua pembalap asal Prancis, Fabio Quartararo dan Johann Zarco berpotensi cetak sejarah. Seperti diketahui, balapan seri ketujuh bakal terselenggarak di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Prancis pada 15 Mei 2022 mendatang.

Menjelang MotoGP Prancis 2022, Fabio Quartararo dan Johann Zarco bisa mencetak sejarah sebagai pembalap asal Prancis yang bisa juara di kelas MotoGP untuk pertama kalinya. Dikutip dari laman Paddock GP, sejak Sirkuit Bugatti menjadi tuan MotoGP, belum ada pembalap Prancis yang juara di kelas MotoGP.

Johann Zarco

Hal itu berarti, potensi besar bisa ditorehkan oleh Fabio Quartararo dan Johann Zarco. Adapun catatan terbaik bagi pembalap tuan rumah adalah juara di paling rendah. Itu dicatatkan oleh pembalap Yamaha Jean Aureal, yang juara di kelas 125cc.

Kemudian, pada tahun 1979 Guy Martin mengulangi kesuksesan di kelas 125cc. Disusul Patrick Fernandez dari Yamaha di kelas 350cc.

Raihan juara kembali terulang pada 2008, tapi itu pun di kelas 125cc. Pembalap Mike Di Meglio, yang berhasil memenangkan balapan di Sirkuit Bugatti, Le Mans. Kemudian, berlanjut di kelas Moto3, yang ditorehkan Louis Rossi.

Sirkuit ini bagaikan kutukan bagi pembalap Prancis. Termasuk bagi Johann Zarco dan Fabio Quartararo. Keduanya belum berhasil menang, bahkan dalam dua tahun kejayaan di Moto2. Johann Zarco finis posisi ketiga di tahun 2015.

Capaian terbaik Fabio Quartararo dan Johann Zarco diraih pada MotoGP 2021. Johann Zarco finis kedua. Sementara, Fabio Quartararo menyudahi balapan di tempat ketiga. Sedangkan gelar juara berhasil diraih Jack Miller.

Fabio Quartararo

Lantas, mampukah Fabio Quartararo atau Johann Zarco mematahkan kutukan itu? Ya, semua baru bisa terjawab di sesi balapan MotoGP Prancis 2022, yang berlangsung pada 15 Mei mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini