Share

5 Fakta Bilqis Prasista Tunggal Putri Indonesia yang Kalahkan Akane Yamaguchi di Piala Uber 2022, Nomor 1 Paling Curi Perhatian

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 40 2592670 5-fakta-bilqis-prasista-tunggal-putri-indonesia-yang-kalahkan-akane-yamaguchi-di-piala-uber-2022-nomor-1-paling-curi-perhatian-CwXMwO8vmB.jpg Bilqis Prasista kala berlaga. (Foto: Humas PBSI)

5 fakta Bilqis Prasista tunggal putri muda Indonesia yang kalahkan Akane Yamaguchi di Piala Uber 2022 menarik dikulik. Sebab, sosoknya langsung mencuri perhatian usai menampilkan kinerja apik di pentas Piala Uber 2022.

Ya, Bilqis Prasista langsung jadi sorotan usai bekerja ciamik di Piala Uber 2022. Tunggal putri berusia 19 tahun ini bahkan berhasil mengalahkan Akane Yamaguchi dalam laga Indonesia vs Jepang di matchday pamungkas Grup A Piala Uber 2022.

BACA JUGA: Hasil Drawing Perempatfinal Piala Uber 2022: Indonesia Ditantang Juara Bertahan China

Hasil ini menjadi kejutan karena Bilqis Prasista kalah peringkat hingga pengalaman dari Akane. Tak ayal, dia langsung jadi sorotan. Sejumlah fakta pun didapat dari sosok pemain kelahiran Magelang, 24 Mei 2003 ini. Apa saja? Berikut 5 fakta Bilqis Prasista tunggal putri muda Indonesia yang kalahkan Akane Yamaguchi di Piala Uber 2022.

BACA JUGA: Bilqis Prasista Hampir Menangis Setelah Kalahkan Tunggal Putri Jepang Peringkat 1 Dunia Akane Yamaguchi di Piala Uber 2022

5. Anak Legenda Bulu Tangkis

Bilqis Prasista bersama ayah dan ibunya

Fakta pertama adalah Bilqis Prasista merupakan anak dari legenda bulu tangkis Indonesia. Bilqis merupakan anak dari pasangan Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

Orangtua Bilqis Prasista merupakan legenda bulu tangkis Indonesia di era 90-an. Keduanya sudah menorehkan beragam prestasi manis yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Joko Suprianto sendiri yang spesialis bermain di sektor tunggal putra pernah menjadi juara dunia 1993. Kemudian ibunya, Zelin Resiana, dia berjasa membantu Indonesia menjuarai Piala Uber 1994 dan 1996. Jadi tak heran, bakat Bilqis Prasista mengalir dari orangtuanya.

4. Jadi Pahlawan Indonesia Menjuarai Badminton Asia Team Championship 2022

Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022

Sebelum menampilkan kinerja manis di Piala Uber 2022, sosok Bilqis Prasista sudah memainkan peran besar dalam kesuksesan Indonesia di Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022. Dia membantu tim beregu putri meraih gelar juara.

Ya, Bilqis jadi salah satu pemain yang dipanggil memperkuat tim Indonesia di BATC 2022, bersama sederet nama top, seperti Gregoria Mariska Tunjung hingga Putri Kusuma Wardani. Bilqis yang diturunkan di sejumlah laga, mampu bekerja ciamik dan mempersembahkan kemenangan hingga akhirnya Indonesia meraih gelar juara.

Berkat kinerja ciamiknya itu, Bilqis Prasista kemudian kembali dipercaya memperkuat Indonesia di Piala Uber 2022. Dia pun berhasil memainkan peran besar di ajang itu.

3. Ukir Prestasi Manis

Bilqis Prasista

Prestasi manis Bilqis Prasista di dunia bulu tangkis tak hanya terlihat kala berlaga di ajang beregu. Kala bermain individu, dia pun bisa bekerja ciamik.

Alhasil, sejumlah gelar juara sudah diraih Bilqis Prasista. Salah satunya adalah Bangladesh Junior International Series 2021. Dia menjadi juara di ajang itu usai mengalahkan rekan senegaranya, Ruzana, dengan skor 21-14 dan 21-13.

2. Selalu Menang di Piala Uber 2022 Sejauh Ini

Bilqis Prasista

Fakta menarik lain adalah Bilqis Prasista selalu menang di Piala Uber 2022 sejauh ini. Bilqis yang selalu bermain di fase grup, berhasil menyapu bersih 3 kemenangan.

Pertama, kemenangan diraihnya kala melawan tunggal ketiga Prancis, Yaelle Hoyaux, dengan skor 17-21, 21-14, dan 21-18. Kemudian, Bilqis yang menjadi tunggal ketiga Indonesia sukses mengalahkan wakil Jerman, Florentine Schoffski, dengan skor 21-12, 12-21, dan 21-7.

Terakhir, Bilqis mengalahkan Akane Yamaguchi yang notabene pemain peringkat satu dunia. Tak ayal, penampilannya langsung mencuri perhatian besar.

1. Kalahkan Akane Yamaguchi

Bilqis Prasista

Ya, fakta terakhir adalah yang paling mencenangkan. Bilqis berhasil menumbangkan tunggal putri nomor satu dunia dari Jepang, Akane Yamaguchi, dalam dua gim langsung!

Indonesia yang sudah dipastikan lolos ke perempatfinal Piala Uber 2022 usai mengalahkan Jerman dan Prancis, secara mengejutkan memilih mengistirahatkan sejumlah pemainnya kala menghadapi lawan sulit, Jepang. Nama seperti Komang Ayu Cahya Dewi, Febriana Dwipuji Kusuma, hingga Amalia Cahaya Pratiwi yang menjadi andalan di dua laga awal Piala Uber 2022 diistirahatkan kala melawan Jepang.

Padahal, laga melawan Jepang juga tak kalah penting bagi Indonesia karena menentukan juara grup. Namun, Bilqis Prasista tetap diandalkan. Dia yang biasa bermain menjadi tunggal putri ketiga, justru ditempatkan di urutan pertama.

Alhasil, Bilqis Prasista pun langsung dihadapkan dengan Akane Yamaguchi. Namun, tak disangka-sangka, dia berhasil bekerja ciamik. Bilqis yang hanya menempati ranking 333 dunia saat ini berhasil mengalahkan Akane dengan skor 21-19 dan 21-19.

Bilqis pun menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang menyumbangkan angka di laga melawan Jepang. Indonesia akhirnya keluar sebagai runner-up Grup A usai kalah dengan skor 1-4 dari Jepang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini