Share

5 Pembalap MotoGP Paling Populer, Nomor 1 Pemilik 9 Gelar Juara Dunia

Hakiki Tertiari , Jurnalis · Rabu 04 Mei 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 04 38 2589097 5-pembalap-motogp-paling-populer-nomor-1-pemilik-9-gelar-juara-dunia-HdzCwvdaOC.jpg 5 pembalap MotoGP paling populer (Foto: Reuters)

SEBANYAK 5 pembalap MotoGP paling populer bakal dibahas di artikel ini. Ya, berkat kepiawaiannya menunggangi si kuda besi, itu membuat para pembalap dikenal banyak orang, bahkan hingga punya basis penggemar sendiri.

Hal tersebut pun berdampak ke kehidupan si pembalap baik di dunia nyata maupun maya, salah satunya media sosial. Lantas siapa saja pemablapa MotoGP paling populer, jika dilihat dari followers Instagram? Berikut 5 pembalap MotoGP paling populer sepanjang masa:

5. Maverick Vinales

Maverick Vinales

Di urutan kelima, ada Maverick Vinales. Ya, pembalap asal Spanyol ini sudah tujuh tahun berkaier 11 tahun di dunia balap motor. Ia memulai kariernya sejak di kelas 125cc. Kemudian, terus beranjak, hingga bisa menembus kelas tertinggi yaitu MotoGP pada 2015.

Meski belum pernah mencicipi juara dunia kelas MotoGP sejak 2015 silam, namun, kariernya cukup mentereng, karena pernah tergabung di sejumlah tim pabrikan. Di antaranya Suzuki (2015-2016), Yamaha (2017-2021), dan Aprilia Racing per tahun ini.

Pemegang satu gelar juara dunia kelas Moto3 ini juga memiliki banyak penggemar. Itu terbukti dari 1,4 juta pengikut di Instagram pribadinya.

4. Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso

Berbeda dari Maverick Vinales, Andrea Dovizioso lebih lama berkarier di dunia balapan motor dunia ini. Ia mulai debutnya pada 2001 di kelas 125cc. Tujuh tahun kemudian, pada 2008 ia mulai berkarier di kelas MotoGP dan tergabung di tim satelit Honda.

Pada tahun 2017, ketika ia tergabung di tim pabrikan Ducati, Andrea Dovizioso membuat kejutan. Ia bersaing ketat dengan Marc Marquez, untuk merebutkan gelar juara dunia MotoGP 2017.

Sayangnya, ketika balapan di Valencia ia mengalami insiden kecelakaan. Pemilik followers 1,5 juta di Instagram itu pun gagal jadi juara dunia untuk pertama kalinya.

3. Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Nama Fabio Quartararo mencuat di kelas MotoGP tiga tahun terakhir. Ya, pembalap asal Prancis ini memang salah satu pembalap baru di MotoGP. Diketahui, Fabio Quartararo sendiri baru masuk dunia balap sejak 2015 di kelas Moto3.

Akan tetapi, baru enam tahun di dunia balap, ia sudah berhasil menjadi juara dunia. Tepat pada MotoGP 2021 silam, pemilik 2,1 juta followers di Instagram ini bisa jadi juara dunia dengan mengantongi 278 poin mengalahkan Francesco Bagnaia (252 poin), dan Joan Mir (208).

2. Marc Marquez

Marc Marquez

Kemudian ada Marc Marquez, salah satu pembalap tersukses di MotoGP. Bagaimana tidak, meski baru menginjak usia 29 tahun, karier Marc Marquez terus mencuat sampai saat ini.

Ia memulai kariernya pada 2008 di kelas 125cc. Di kelas terendah MotoGP itu Marc Marquez sendiri sukses menjadi juara dunia. Berikutnya di kelas Moto2 pada 2012, ia pun berhasil menjadi juara dunia.

Kariernya tambah menggila, ketika masuk kelas MotoGP pada 2013. Bersama tim pabrikan Honda pemilik 6,6 juta followers di Instagram ini berhasil merengkuh enam gelar juara dunia. Terakhir pembalap yang punya julukan The Baby Alien ini terakhir juara pada 2019 dan belum berhasil juara dunia lagi.

1. Valentino Rossi

Valentino Rossi

Memulai karier sejak 1996 di kelas 125cc, Valentino Rossi jadi pembalap tersukses sepanjang sejarah MotoGP. Tak heran, pasalnya Valentino Rossi sendiri sudah mengantongi sembilan gelar juara dunia.

Tujuh di antaranya ia raih di kelas MotoGP. Kemudian, satu gelar juara dunia di kelas 250cc, dan satu gelar di kelas 125cc. Selain terkenal sukses karena kariernya, Valentino Rossi juga salah satu pembalap yang aktif di media sosial.

Hal itu terlihat dari 13,4 juta pengikut di Instagramnya sampai saat ini. Namun, para penggemar MotoGP tak bisa melihat aksinya lagi. Sebab, ia sudah resmi pensiun pada 14 November 2021.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini