Share

Kerap Kecelakaan, Marc Marquez Sebut Motor RC213V Tak Cocok dengan Gaya Balapannya

Rio Eristiawan, Jurnalis · Minggu 01 Mei 2022 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 38 2587956 kerap-kecelakaan-marc-marquez-sebut-motor-rc213v-tak-cocok-dengan-gaya-balapannya-mIIgUPhx3W.jpg Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez. (Foto: MotoGP)

JEREZ - Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez mengeluhkan motor RC213V 2022, yang dianggapnya sebagai alasan dirinya kerap kali kecelakaan di musim ini. Menurut Marquez motor anyar Honda itu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dan hal itu membuatny tidak cocok dengan gaya balapan Marquez selama ini.

Performa Marquez di MotoGP 2022 masih belum bisa dibilang memuaskan, terlebih sering terjatuh masih menjadi masalah utamanya. Terbaru, pembalap asal Spanyol itu terjatuh sebanyak dua kali di latihan bebas kedua di Sirkuit Jerez pada MotoGP Spanyol 2022, Jumat 29 April 2022.

Meski mengalami tertauh sebanyak dua kali, Marquez tetap bisa tampil bagus di kualifikasi pada Sabtu 30 April 2022. The Baby Alien berhasil mencatatkan waktu 1 menit 37.145 detik dan akan memulai balapan MotoGP Spanyol 2022 dari posisi kelima.

Marquez pun menjelaskan motor baru Honda sangat berbeda dari yang sebelumnya. Ia merasa membutuhkan cara mengemudi yang berbeda untuk bisa tampil bagus. Ia menjelaskan saat latihan bebas ingin Honda menunjukkan perkembangan motor baru dengan gaya mengemudinya, tetapi RC213V masih belum bisa disesuaikan dengan cara balapannya.

"Memang benar motor baru kami sangat berbeda dari mesin sebelumnya, membutuhkan cara berkendara yang sama sekali berbeda. Saya sebutkan kemarin bahwa kami ingin secara sempurna membangun kembali motor baru untuk gaya berkendara saya, tapi motor ini tidak bisa disesuaikan dengan gaya berkendara saya" kata Marquez dilansir dari Paddock GP, Minggu (1/5/2022).

Pembalap berusia 29 tahun itu mengatakan selama latihan bebas menggunakan pengaturan yang sama, seperti pembalap Honda lainnya. Namun, Marquez mengaku masih belum bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di motornya.

"Jadi, kami kembali ke pengaturan sebelumnya, saya sekarang kembali dengan basis yang sama dengan pembalap Honda lainnya. Tetapi memang benar bahwa dalam kasus pribadi saya masalahnya tidak terpecahkan," tambah Marquez.

Lebih lanjut, Marquez mengakui motornya memiliki banyak masalah di bagian depan dan kecepatan yang lambat saat berbelok. Ia ingin Honda menemukan cara untuk bisa membuat motornya berkembang, tetapi ketika mencoba untuk tampil kompetitif maka akan berisiko membuatnya terjatuh.

"Kami memiliki banyak masalah dengan bagian depan, belokannya lambat. Kami harus menemukan bagaimana kami bisa berkembang . Karena begitu saya menambah kecepatan, saya berisiko jatuh," sambungnya.

Marc Marquez

Balapan seri keenam MotoGP akan berlangsung di Sirkuit Jerez, pada Minggu (1/4/2022) malam WIB. Tentu Marquez akan mengeluarkan semua kemampuan terbaiknya, terlebih balapan di negaranya sendiri dan mengincar podium pertamanya di MotoGP 2022.

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini